15 April 2013

by wiku

Menanti Kantor Facebook Hadir di Indonesia Tahun Ini

DailySocial mempublikasikan artikel yang mencoba menggali perkembangan terbaru dari Facebook khususnya yang berhubungan dengan Indonesia. Dari artikel tersebut diungkapkan bahwa Facebook akan berencana untuk mendirikan kantor mereka di Indonesia tahun ini.

Saat ini Facebook telah merekrut Daud I. Aditirto sebagai growth manager untuk Indonesia (sejak Januari), ia kini berbasis di Jakarta dan masih melapor ke kantor Facebook di Singapura. Cakupan kerja yang dimilikinya antara lain adalah menemukan peluang untuk Facebook di Indonesia, meningkatkan aktivitas pengguna lokal serta yang berhubungan dengan mitra yang telah dan akan ada.

Mengutip dari DailySocial, Aditirto mengatakan bahwa Facebook akan mendirikan kantor di Indonesia semester kedua tahun ini. Saat ini Aditirto adalah orang Facebook satu-satunya di Indonesia, tetapi dengan rencana ini bisa jadi akan ada beberapa lowongan lagi yang akan dibuka Facebook untuk posisi di Indonesia.

Saat ini, untuk kesepakatan kerja sama Facebook di Indonesia berada di bawah Komli Media, yang merupakan agensi yang membantu Facebook untuk iklan dan penilitian pasar Facebook bagi pasar Indonesia. Meski tidak menyebutkan bahwa urusan iklan nantinya akan ditangani oleh Facebook, namun kehadiran manajer khusus di Indonesia dan rencana kantor tentunya akan menambah kehadiran Facebook serta saluran komunikasi yang lebih dekat bagi perusahaan atau mereka yang tertarik untuk bekerja sama dengan Facebook. Kantor Facebook Indonesia ini nantinya akan berkutat dengan apa yang disebut sebagai ‘user operations’.

Indonesia sendiri memiliki kurang lebih 48 juta pengguna aktif perbulan, popularitas Facebook bisa jadi sudah tidak diragukan lagi, namun berbagai jejaring sosial dan layanan sosial lain juga tumbuh pesat, Path, layanan pesan adalah beberapa diantaranya. Layanan sosial lain seperti Plurk pun telah mencoba untuk merengkuh pengguna lokal dengan menyediakan komunitas di Indonesia.

Lowongan apa sajakah nanti yang akan dibuka Facebook serta peran apa yang akan dimiliki kantor Facebook di Indonesia? Kita ikuti terus perkembangan informasinya.