Categories

Gadget

Menanti Kehadiran Seri Reno terbaru dari OPPO di Indonesia, Reno4

Info pada situs sertifikasi postel dan laman TKDN memuat seri produk yang bisa jadi adalah perangkat Reno4

Wiku Baskoro - 1 July 2020

Salah satu tanda kehadiran sebuah perangkat di tanah air adalah dengan masuknya seri atau tipe dari perangkat ke laman sertifikasi postel dan laman TKDN kementrian terkait. Munculnya sertifikat atas produk tertentu ini biasanya menjadi salah satu indikasi bahwa tidak lama lagi sebuah perangkat akan hadir. Begitu juga dengan Reno4, perangkat seri Reno terbaru dari OPPO.

Info tentang perangkat ini sudah berterabaran di internet, karena memang perangkat ini telah diperkenalkan di Tiongkok. Ada dua varian yaitu Reno4 dan Reno4 Pro yang dirilis di sana. Apakah dua perangkat ini juga akan hadir di Indonesia? Kita harus tunggu tanggal mainnya, namun yang pasti informasi kemungkinan kehadiran perangkat ini sudah diinformasikan OPPO lewat rilis. Meski detail dari perangkat dan info lainnya masih belum ada.

OPPO sendiri telah menghadirkan setidaknya 9 produk di Indonesia dalam tahun pertama 2020, ada yang dijual online ada yang dijual secara offline. Memang kalau kita liat, produk yang paling banyak dirilis adalah seri A meski demikian ada dua smartphone varian Reno paling anyar yang dirilis ke pasar. Produk Reno itu adalah Reno3 dan Reno3 Pro. Kami telah cukup mengupas beberapa fitur yang ada di dua perangkat ini.

Saya juga sempat memegang dua perangkat ini, dan Reno3 Pro menjadi salah satu perangkat dengan kesan menggenggam yang cukup baik, tampilan layar kekinian serta kemampuan kamera yang boleh diandalkan yaitu mode 108MP. Salah satu keunggulan yang ditawarkan juga adalah ColorOS dan kemampuan zoom. Tentunya menjadi penasaran seperti apakah perangkat penerus seri ini yaitu Reno4. Apa peningkatan yang akan dibawanya, seperti apa desainnya dan tentunya bundling/varian apa saja yang akan dirilis di Indonesia.

Informasi dari OPPO sendiri memang hanya menyebutkan bahwa ada perangkat baru yang telah terdaftar di situs TKDN, dengan kode CPH2113 dan kandungan TKDN 31.85%. OPPO tidak spesifik merujuk pada seri Reno4 namun tidak menyangkal bahwa ada kemungkinan perangkat ini adalah Reno4. Satu hal yang disebut adalah, kode perangkat ini berbeda dengan kode perangkat Reno4 yang beredar di Tiongkok, yang mengundikasikan akan ada perbedaan spesifikasi yang dirilis di Indonesia.

OPPO menyebutkan bahwa Reno series ini dirilis untuk memenuhi kebutuhan kalangan muda yang memiliki ketertarikan akan kekuatan kamera, perekaman video dan desain yang tampil premium.

Perjalanan perangkat ini memang cukup menarik, selain segmen yang disasar di atas seri A, yang biasanya bukan menjadi market yang jadi sasaran utama OPPO, namun seri Reno telah bisa mengangkat pamor OPPO ke segmen perangkat premium, di atas perangkat menengah tapi di bawah flagship.

Salah satu produk seri Reno yang paling monumental adalah Reno 10x Zoom, yang sampai sekarang masih bisa dibilang produk lawas paling worth untuk dimiliki. Dengan harga yang cukup terjangkau tetapi spesifikasi yang sangat bisa diandalkan, terutama untuk urusan kamera. Sejak pertama kali mencoba, saya cukup terpukau dengan kemampuan kamera untuk foto dan video di perangkat Reno 10x Zoom.

 

OPPO Reno4

Untuk Reno4 yang beredar di Tiongkok sendiri spesifikasi utama yang dihadirkan adalah Snapdragon 765G, 3 kamera belakang 48MP, 8MP dan 2MP kamera depan 32MP dan 2MP. Lalu Ram dan ROM 8GB/128GB serta 8GB/256GB. Sedangkan yang Reno4 Pro kamera belakang 48MP, 13MP dan 12MP dan RAM serta ROM-nya 12GB/256 dengan prosesor yang sama. Untuk kamera depan hanya satu yaitu 32MP. Perbedaan juga cukup terlihat dari tampilan layar depan, Reno4 Pro lebih premium.

Setelah informasi tentang ‘bocoran’ ini muncul kepublik, yang sudah rutin terjadi biasanya adalah kita akan melihat beberapa bocoran atau informasi lain yang akan semakin menguak spesifikasi dan tampilan dari Reno4 yang akan hadir di Indonesia.

Saya yakin tidak hanya satu varian yang akan muncul tetapi beberapa varian. Apakah akan ada varian yang bekerja sama dengan klub bola seperti Reno 10x Zoom? Atau ada bundling dengan merek lain? Kita tunggu kelanjutan kisah dari Reno4, perangkat seri Reno terbaru dari OPPO di Indonesia.

OPPO Reno4OPPO Reno4

Foto: Ilustrasi Reno4 dari OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter