2 January 2013

by wiku

Menanti Kehadiran Smartphone Berbasis Tizen di Tahun 2013

Samsung dikabarkan akan merilis smartphone berbasis sistem operasi Tizen pada tahun 2013. Menurut media Jepang dikabarkan perangkat ini akan dirilis di Jepang serta beberapa negara lain dalam waktu bersamaan.

Tizen adalah sistem operasi perangkat bergerak berbasis Linux - open source yang didukung pengembangannya oleh Intel, Samsung, dan NTT DoCoMo asal Jepang dan beberapa pihak lain. Asal-usul Tizen ini masih terkait MeeGo sistem operasi untuk perangkat mobile yang dikembangkan oleh Intel dan Nokia. MeeGo pengembangannya 'ditinggalkan' dan kini Tizen akan siap muncul untuk 'menggantikannya'.

Banyak yang mengaitkan persiapan Samsung untuk merilis ponsel berbasis Tizen ini dengan Android, dimana Samsung ingin melepaskan keterikatannya Android yang dimiliki Google. Google sendiri telah mengakuisisi Motorola, Samsung membutuhkan alternatif atas sistem operasi perangkat mereka, selain menggantikan Bada.

Namun laporan lain mengatakan bahwa Samsung memang terbuka atas alternatif sistem operasi lain selain Android, termasuk Tizen. Samsung dikabarkan akan merilis perangkat berbasis Windows Phone.

Jika tahun ini perangkat Tizen dari Samsung akan dirilis, seperti yang dituliskan tahun lalu oleh DailySocial, Samsung bisa jadi akan menghadapi masalah sistem operasi baru, yaitu ketersediaan aplikasi. Namun di sisi lain, Tizen secara resmi didukung oleh Linux Foundation yang memiliki komunitas pengembang yang cukup besar. Samsung juga kini telah menggelontorkan dana atas keanggotaannya di Linux Foundation.

Belum ada informasi lanjutan tentang detail atau bocoran perangkat yang akan dirilis ini, serta kemungkinnan pengembangannya para perangkat lain selain smartphone, karena sistem operasi ini juga bisa digunakan untuk perangkat tablet, TV dan lainnya. Jika kabar ini benar, tentunya akan menarik melihat persaingan Tizen di tengah sistem operasi yang ada dan yang akan ada.

Sumber: TheNextWeb, BusinessInsider dan Yomiuri Shimbun.