15 December 2012

by wiku

Menanti Monetisasi Layanan Instagram

Instagram kini dimiliki Facebook. Layanan berbagi foto yang populer bukan hanya karena filter yang dimilikinya namun juga komunitas yang cukup besar yang ada di dalamnya. Banyak pemilik merek juga menggunakan layanan berbagai foto ini sebagai salah satu sarana media sosial mereka.

Di sisi lain Facebook adalah salah satu jika bukan yang terbesar dari jejaring sosial yang ada di internet, salah satu bisnis mereka adalah iklan sebagai sumber pemasukan. Jadi menjadi masuk akal jika Instagram pun nantinya akan memasukai masa untuk monetisasi, karena sejauh ini mereka belum bisa dikatakan mendapatkan pemasukan yang cukup signifikan.

Lalu apakah nanti iklan akan menjadi sarana pemasukan Instagram, seperti halnya Facebook? Belum pasti memang, tetapi setidaknya sebuah wawawancara yang dituliskan BusinessInsider atas Facebook VP of Global Marketing Solution, Carolyn Everson mengindikasikan bahwa Instagram akan memasuki tahap monetisasi.

Dalam wawancara terebut memang tidak disebutkan tentang rencana iklan, namun pihak Facebook menjelaskan bahwa banyak pemilik merek yang menggunakan layanan Instagram dan mencoba untuk berusaha terikat dengan follower mereka. Jadi, seperti yang dikatakan TheVerge, penetapan model iklan menjadi masuk akal.

Meski telah dibeli Facebook, namun tim Instagram masih 'kecil', Carolyn juga mengatakan bahwa saat ini tim yang ada di Instagram masih relatif kecil dan baru.

Indikasi strategi untuk mendapatkan pemasukan atau monetisasi telah muncul, meski belum jelas seperti apa, belum tentu juga dengan iklan. Kita tunggu apa yang akan dilakukan Facebook atas Instagram dalam hal pemasukan, semoga saja tidak merugikan pengguna tetapi justru meningkatakan pengalaman pengunaan.

By the way, Instagram beberapa waktu lalu baru aja update aplikasi mereka untuk iOS, informasi bisa didapatkan di artikel ini.

Sumber: BusinessInsider dan TheVerge.