Menanti Persaingan Bisnis Asisten Virtual di Lanskap Startup Indonesia

Menanti Persaingan Bisnis Asisten Virtual di Lanskap Startup Indonesia

Saat kemudahan dieksploitasi menjadi peluang yang menjanjikan untuk bisnis
Menanti babak baru di persaingan bisnis asisten virtual / Shutterstock
Menanti babak baru di persaingan bisnis asisten virtual / Shutterstock

Menanti persaingan bisnis virtual asisten / ShutterstockKemudahan adalah salah satu hal yang paling jamak ditawarkan oleh teknologi. Salah satu hal yang mungkin ke depan menjadi prospek cerah di lanskap startup Indonesia adalah produk berbasis asisten virtual. Sekarang sudah ada beberapa produk terkait, seperti Be Malas di Malaysia, YesBoss di Indonesia dan yang paling baru datang dari tim Sribu, DiANA. Bisnis asisten virtual  ini akan mengeksploitasi faktor kemudahan sebagai kunci dalam bisnis yang disajikannya.

Singkatnya masyarakat akan semakin dimanjakan dengan adanya layanan asisten virtual yang memungkinkan mereka memesan apa saja. Tren ini mulai dapat dilihat dengan adanya lonjakan minat masyarakat terhadap semua layanan berbasis aplikasi atau teknologi. Dengan mengandalkan kemudahan di mana pun dan kapan pun semua layanan yang berbalut teknologi atau aplikasi laku keras di masyarakat.

Celah yang sama tampaknya coba dieksploitasi para pendiri asisten virtual. Kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang mudah menggunakan kecanggihan akan mengantarkan mereka menyambut baik layaan  asisten virtual ini. Contoh nyata ada pada fenomena yang dialami oleh YessBos. Dalam pemberitaan sebelumnya Global Managing Director YesBoss Irzan Raditnya mengaku bahwa pihaknya telah melayani permintaan lebih banyak di luar ekspektasi mereka.

Ke depan tampaknya asisten virtual akan menjadi lahan baru untuk bisnis berbalut teknologi. Setelah YessBoss mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat meski komunikasinya layanannya masih mengandalkan sms kini juga hadir layanan serupa bernama DiANA.

Layanan yang merupakan buah kerja dari tim Sribu ini mengusung konsep asisten virtual dengan memanfaatkan teknologi web. Seperti halnya YesBoss yang melayani pemesanan dan kebutuhan apapun, dalam situs resmi DiANA pun disebutkan bahwa pengguna bisa menginformasikan apapun yang mereka inginkan melalui website.

Saya pribadi masih menunggu ada layanan asisten virtual yang menggunakan teknologi machine learning dan NLP yang juga digunakan oleh beritagar.id. Selain bisa mengenali pengguna lebih personal penggunaan teknologi tersebut mampu mengoptimalkan rekomendasi yang diberikan oleh asisten virtual.

Di era seperti sekarang ini saat kemudahan adalah sesuatu hal yang paling dicari bisnis asisten virtual adalah sebuah hal yang patut diperhitungkan. Jadi mari kita tunggu perkembangkan persaingan di sektor ini.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Analisis
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…