29 June 2013

by wiku

Menantikan Layanan Marketplace dari Kaskus

Kaskus tengah mempersiapkan untuk meluncurkan layanan marketplace. Menurut informasi yang beredar, marketplace ini akan dirilis akhir tahun ini dan awal tahun 2014 sudah bisa digunakan.

Informasi atas peluncuran marketplace dari Kaskus ini diungkapkan CEO Kaskus, Ken Dean Lawadinata pada situs Tekno.Okezone.com. Disebutkan bahwa saat ini marketplace Kaskus masih dalam tahap pengembangan, desainnya telah selesai dan sedang dalam tahap ujicoba.

Marketplace ini nantinya akan menjadi platform yang mirip dengan situs belanja Ebay. Pengunjung bisa menggunakan fitur yang ada untuk melakukan jual-beli secara mudah. Barang yang akan dijual nantinya mayoritas barang elektronik, untuk otomotif mungkin hanya akan diiklankan saja.

Untuk pembayaran sendiri akan menggunakan layanan pembarayan milik Kaskus yaitu KasPay. E-commerce sendiri merupakan strategi 2-5 tahun ke depan dari Kaskus. Untuk KasPay, disebutkan saat ini telah memiliki 80 ribu pengguna dengan 20% darinya pengguna aktif. Meski demikian pengguna nantinya bisa menggunakan layanan pembayaran lain untuk di marketplace.

Kaskus dikenal sebagai komunitas terbesar di Indonesia, salah satu fasilitasnya FJB atau forum jual beli Kaskus menjadi sarana bagi banyak pengguna di Indonesia untuk menjual dan mencari barang. Komunitas di layanan ini pun cukup banyak dan kuat. Dari 5.6 juta member yang terdaftar lebih dari 40 komunitas ada di Kaskus. KasPay sendiri merupakan alat pembayaran yang aman karena ada proteksi, layanan ini pun hadir dari Kaskus sendiri jadi integrasi dengan marketplace-nya bisa diprediksikan akan lebih solid.

Anda adalah salah satu agan-agan yang menjadi langganan jual-beli barang di Kaskus? Bagaimana pendapat Anda atas akan hadirnya layananan marketplace dari Kaskus ini?

---

*) Trenologi dan DailySocial berada di bawah induk perusahaan yang sama dengan Kaskus.