Categories

Mobile

Mencari Ponsel yang Hilang Kini Bisa Memakai Akun Google

Berlaku untuk perangkat Android maupun iOS, namun fiturnya jauh lebih lengkap di Android

Glenn Kaonang - 3 June 2016

Kalau Anda mempunyai perangkat Android, besar kemungkinan Anda juga memiliki akun Google. Satu akun ini punya banyak fungsi: untuk email, untuk membeli aplikasi, untuk menyewa film, untuk sinkronisasi kontak, untuk backup data, dan masih banyak lagi. Namun baru-baru ini Google menambahkan satu fungsi yang tak kalah bermanfaat, yakni untuk mencari ponsel yang hilang.

Yup, selama Anda login menggunakan akun Google di browser perangkat, Anda bisa mencarinya dari mana saja asalkan ada koneksi internet. Fitur ini bisa dinikmati oleh pengguna perangkat Android maupun iOS, akan tetapi fitur-fiturnya tentu saja jauh lebih lengkap di Android.

Jadi semisal ponsel Anda hilang entah ke mana, Anda bisa langsung cepat-cepat membuka browser di laptop atau di ponsel milik teman dan masuk menggunakan akun Google Anda. Dari situ Anda bisa mengunjungi My Account dan pilih menu “Find your phone”.

Pengguna bisa melacak lokasi ponselnya, membuatnya berdering, mengunci layar, atau bahkan menghapus semua isinya / Google

Halaman berikutnya akan menampilkan daftar semua perangkat milik Anda yang tersambung dengan akun Google. Pilih satu yang hendak dicari, maka akan muncul sejumlah opsi seperti membuat ponsel berdering, mengunci ponsel dengan kata sandi baru, maupun menghapus semua isinya apabila kondisinya sudah tak memungkinkan lagi bagi Anda untuk menemukannya.

Sekali lagi, fitur ini sekarang sudah bisa dinikmati dengan mengakses My Account di browser. Dalam waktu dekat, pengguna bahkan bisa mengaksesnya hanya dengan mengetikkan “I lost my phone” di kolom pencarian Google.

Sumber: Google Blog. Gambar header: Smartphone via Pexels.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter