Categories

Home Appliance

Mencegah Tagihan Listrik Bengkak dengan Colokan Listrik Pintar D-Link Wi-Fi Smart Plug

Glenn Kaonang - 13 February 2015

Prinsip dalam membangun rumah pintar atau smart home adalah dimana perangkat maupun perabot rumah dapat terhubung satu sama lain melalui jaringan Wi-Fi. Di samping itu, sebuah rumah pintar juga harus dilengkapi dengan sistem otomatisasi yang efektif.

Bicara soal rumah pintar, ada banyak sekali penawaran yang ditawarkan oleh pabrikan-pabrikan perangkat elektronik, mulai dari lampu bohlam berkonektivitas Wi-Fi sampai mesin pembuat kopi yang dapat dioperasikan viasmartphone. Tetapi terkadang semua itu terkesan terlalu kompleks bagian sebagian orang yang baru mengenal konsep rumah pintar.

Bagi orang-orang tersebut, mungkin sebuah colokan listrik pintar bisa menjadi solusi dalam mengawali misinya membangun rumah pintar, seperti yang coba ditawarkan oleh D-Link Wi-Fi Smart Plug ini.

 

Info menarik: Hive, Sistem Otomatisasi Rumah untuk Keperluan Keamanan Sekaligus Hiburan

 

D-Link Wi-Fi Smart Plug merupakan produk pertama dari lini ‘Connected Home’ milik D-Link. Perangkat ini menghadirkan fungsi otomatisasi sederhana untuk berbagai perangkat elektronik di dalam rumah.

Dari namanya saja sudah bisa kita asumsikan bahwa wujud D-Link Wi-Fi Smart Plug ini tidak jauh berbeda dari colokan listrik pada umumnya. Akan tetapi ia telah dijejali konektivitas Wi-Fi N sebagai ‘jembatan’ komunikasi bagi berbagai perangkat elektronik di rumah.

Bentuk otomatisasi yang ditawarkan D-Link Wi-Fi Smart Plug ini adalah bagaimana pemilik rumah bisa menyalakan atau mematikan perangkat elektronik secara terjadwal. Misalnya, Anda bisa mengatur televisi di kamar tidur Anda untuk menyala pada saat-saat tertentu saja, tepatnya saat Anda selesai makan malam sekitar jam 8, dan mati secara otomatis pada pukul 10 sehingga Anda pun teringatkan untuk segera beristirahat.

Otomatisasi semacam ini tentu saja juga membawa dampak positif bagi efisiensi energi. Tidak ada lagi kata “lupa mematikan televisi” karena Anda terlalu lelah dan langsung mendengkur. Alhasil, resiko tagihan listrik rumah yang membengkak dapat dikurangi.

 

Info menarik: Akses Perangkat Elektronik Rumah dari Smartphone Anda Dengan PlugAway

 

Memasang D-Link Wi-Fi Smart Plug ini sangat mudah. Anda hanya perlu menancapkannya ke stop kontak, kemudian sambungkan ke jaringan Wi-Fi rumah via tombol WPS (Wi-Fi Protector Setup) yang terletak di sisinya. Selanjutnya, perangkat elektronik apapun yang menancap ke D-Link Wi-Fi Smart Plug ini dapat Anda kontrol melalui aplikasi mydlink Home yang tersedia untuk perangkat Android maupun iOS.

Lewat aplikasi inilah Anda bisa mengatur jadwal seperti yang tadi saya gambarkan. Anda juga bisa menghidupkan atau mematikan berbagai perangkat elektronik yang menancap dari jarak jauh melalui aplikasi yang sama.

Fungsi lain yang ditawarkan D-Link Wi-Fi Smart Plug beserta aplikasi pendampingnya adalah manajemen daya. Aplikasi mydlink Home dapat menampilkan statistik penggunaan energi listrik oleh berbagai perangkat yang menancap ke colokan listrik pintar ini. Dari sini Anda bisa menyesuaikan penjadwalan secara lebih optimal.

D-Link Wi-Fi Smart Plug ini juga dilengkapi dengan sensor thermal, yang artinya ia bisa membantu menghindari kerusakan perangkat elektronik akibat suhu panas yang berlebih. Colokan listrik pintar ini akan terus mengawasi suhu perangkat elektronik yang menancap, lalu secara otomatis mematikan perangkat tersebut saat terjadi overheating.

Saat ada perangkat yang dimatikan secara otomatis karena overheating, D-Link Wi-Fi Smart Plug akan mengirimkan notifikasi melalui aplikasi pendampingnya. Lebih lanjut, ia juga akan memberitahu pemilik rumah ketika batas penggunaan energi yang telah ditetapkan tidak sengaja terlewati.

 

Info menarik: Luna Adalah Sleep Tracker dalam Wujud Seprei Pintar

 

Saat ini belum ada informasi resmi mengenai harga jual D-Link Wi-Fi Smart Plug di Indonesia. Di Amerika Serikat, perangkat ini dijajakan seharga $40, atau sekitar Rp 500 ribu, berdasarkan informasi yang saya ambil dari situs resminya.

Angka ini sepintas mungkin terdengar mahal, akan tetapi efeknya akan terasa dalam jangka panjang, dimana tagihan listrik Anda tiap bulannya dapat terus ditekan hingga mencapai titik yang paling efisien.

Gambar header: D-Link.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter