Menciptakan dan Menyantap Pancake Berbentuk Superhero Favorit Bersama PancakeBot

Bangun pagi, menyelesaikan ritual – mandi, gosok gigi dan bercermin sambil menyisir rambut menggunakan jari – lalu disambut oleh hidangan sarapan yang lezat adalah impian saat pagi hari datang. Buat saya pribadi, sarapan akan menjadi lebih sempurna apabila berupa pancake dalam wujud superhero favorit.

Tampaknya impian seorang pencinta pancake dan penggila superhero seperti saya akan segera terwujud. Sebuah produk unik belum lama ini muncul di situs crowdfunding Kickstarter. Ia bernama PancakeBot, dan misi yang diemban adalah menghasilkan pancake dalam bentuk apapun yang diinginkan oleh pemiliknya.

Hal ini dimungkinkan karena, sederhananya, PancakeBot merupakan sebuah 3D printer, namun ketimbang menggunakan lelehan plastik sebagai ‘tintanya’, ia memakai adonan tepung dan air untuk menciptakan pancake dalam berbagai wujud – yang tentunya dapat dimakan.

Satu hal yang perlu diingat sebelum saya melanjutkan, PancakeBot masih membutuhkan kehandalan Anda dalam membuat adonan pancake. Dan menurut saya, hasil cetakannya juga bisa dipengaruhi oleh konsistensi adonan yang Anda buat.

Info menarik: 3D Systems Kembangkan 3D Chocolate Printer Bersama Hershey

Oke, sekarang kita sampai pada bagian yang paling menyenangkan dari PancakeBot, yakni proses mendesain pancake itu sendiri. PancakeBot disertai oleh sebuah software untuk PC atau Mac. Menggunakan software tersebut, Anda bisa menjiplak gambar apapun menjadi desain pancake yang diinginkan.

Awalnya Anda akan menjiplak sketsa outline-nya terlebih dahulu, barulah kemudian Anda mengatur shading dari pancake tersebut dengan mengeblok bagian isinya. Selesai mendesain, simpan file-nya di dalam SD card, lalu tancapkan ke PancakeBot.

Dalam mencetak, PancakeBot memanfaatkan kombinasi ‘cartridge’ khusus – yang berisikan adonan buatan Anda – dengan wajan pemanas bertenaga listrik. Selagi adonan dikucurkan, wajannya akan memanas dan pada akhirnya menghasilkan pancake berwarna emas yang (tampak) lezat – enak-tidaknya tentu juga bergantung pada resep adonan Anda.

Kampanye penggalangan dana PancakeBot saat ini telah melewati target yang ditentukan oleh pengembangnya meski baru akan berakhir pada tanggal 10 April nanti. Pledge paling rendah untuk memboyong PancakeBot saat ini adalah $179, tidak termasuk biaya pengiriman. Harga ritelnya akan melambung menjadi $299 saat kampanyenya berakhir.

Sumber: Kickstarter. Sumber gambar: Gizmag.