Mencoba Jadi ‘Barista’ dengan Dolce Gusto dari Nescafe

Mencoba Jadi ‘Barista’ dengan Dolce Gusto dari Nescafe

Gedebuk
Gedebuk

Minggu kemarin, kantor Trenologi kedatangan sebuah benda dengan bentuk yang unik. Benda tersebut adalah sebuah mesin pembuat kopi dari Nescafe. Beruntung sekali TRL berkesempatan untuk menjajal mesin kopi unik dengan fitur yang seru untuk dicoba. Seseru apa? Mari kita lihat.

Sejak awal ketika diberitahu akan mencoba mesin ini, saya cukup exited. Meski bukan peminum kopi (karena masalah perut), hanya ice lemon tea atau green tea lattte saja, tapi saya suka sekali harum kopi. Dan impian menjadi ‘barista’ amatir bisa jadi kenyataan.

dolce gusto

Boks seperempat badan sudah nangkring di kantor saat saya tiba, langsung tidak sabar membuka kotak dan menemukan sebuah benda unik berwarna hitam – merah. Mesin Dolce Gusto yang saya terima merupakan jenis Drop Automatic Red Metal, mesin pabrik dibuat oleh Krups. Jika Anda melihat di situs resminya, versi jenis ini ada dua warna, dark silver dan red metal, yang saya coba adalah warna kedua.

Body dan desain

Jika Anda melihat body mesin ini untuk pertama kali, kesan yang pertama bisa jadi adalah aneh, namun jika Anda sudah mendekati dan mencoba untuk berinteraksi dengan mesin ini, kesan aneh itu akan berganti dengan futuristik dan keren.

Perpaduan dua warna dari mesin Dolce Gusto Drop Automatic (selanjutnya kita sebut saja Dolce Gusto DA) cukup serasi, malah mengingatkan saya pada warna klasik merek Nescafe. Bagian desain berwarna hitamnya tampak mengkilat memberikan kesan shiny yang modern.

Sedangkan warna merah yang cenderung doff memberikan kesan nyaman. Kombinasi dua warna ini seperti mau memberikan kesan canggih tetapi tetap memberikan kenyamanan seperti saat Anda minum kopi.

dolce gusto

Tidak hanya dari sisi desain dan warna yang menampilakan kesan futuristik namun fitur yang dihadirkan oleh Dolce Gusto DA ini juga canggih. Setidaknya bagi saya yang memang tidak banyak berinteraksi dengan mesin kopi rumahan.

Di bagian atas atau ‘kepala’, pengguna akan menemukan 3 indikator sebagai panduan untuk membuat kopi, satu indikator untuk menentukan tingkat takaran air, satu tombol sentuh untuk air dingin dan satu tombol sentuh untuk air panas. Semua indikator tampil dalam efek sentuh, bukan button saklar. Satu hal yang paling keren adalah, indikator untuk memasak air bisa muncul tanpa jari Anda bersentuhan dengan perangkat. Baru ketika Anda akan memilih tingkat panasnya air Anda harus menyentuhnya.

dolce gusto

Bagian lain yang menurut saya didesain dengan baik adalah tempat menyimpan air, Anda bisa mengaksesnya dari bagian pinggir, nantinya separuh dari badan atau body Dolce Gusto DA akan bisa Anda lepas untuk mengisi air. Bagian tengah adalah tempat Anda menaruh gelas atau cangkir, button power ada di bagian kiri badan mesin. Sedangkan lokasi untuk menaruh capsule atau bahan minuman ada di bagian depan kepala, mirip seperti mulut, tarik tuas yang ada dan di sana ada tempat yang pas untuk menempatkan capsule.

Dolce Gusto DA akan sangat cocok untuk ditaruh di ruang tengah, atau pantry kantor Anda, bahkan saya sih tidak keberatan untuk menaruhnya di bagian ujung meja kerja saya, karena bisa menjadi hiasan keren yang fungsional.

dolce gusto

Cara membuat minuman – kopi, milo atau teh

Cara membuat minuman dengan Dolce Gusto DA ini sangat mudah. Seperti yang disebutkan di atas, saya tidak meminum kopi karena masalah perut, tetapi saya suka harumnya dan saya suka menyajikannya. Saya mencoba alat ini di kantor karena hampir semua rekan saya minum kopi, jadi saya bisa mendapatkan penilaian atas rasa dari mereka.

dolce gusto

Saat awal penggunaan, buku petunjuk pemakaian telah tersedia, buku ini memberikan cara awal untuk mengaktifkan alat sampai dengan membuat minuman baik kopi, milo atau teh. Pengguna akan diajak untuk membersihkan dulu alat dengan mencuci.

Berikut caranya, setelah memasukan semua elemen alat termasuk mengisi persediaan air dengan cukup penuh, dan alat penyimpan capsule dibiarkan kosong, lalu mencolokan ke daya, Anda bisa menyalakan Dolce Gusto DA. Tunggu sampai penunjuk power berubah hijau dari merah. Kemudian sentuh tombol indikator takaran air secara penuh sampai bar bagian atas, tap tombol biru di bagian kepala, lalu setelahnya tap tombol merah. Setelah selesai, mesin kopi ini siap digunakan.

dolce gusto

Anda tidak perlu takut karena belum pernah menggunakan mesin kopi Dolce Gusto, petunjuk yang disajikan cukup mudah digunakan, selain itu pada sample capsule Anda juga bisa dengan mudah mengikuti cara penyajian. Untuk penyajian minuman dengan dua capsule, Anda juga akan menemukan petunjuk di boks, berupa cara untuk membuatnya, apakah harus susu dahulu (putih) atau kopi-mocca (hitam atau coklat).

Misalnya, saat akan membuat cappucino, setelah menyiapkan air minum secara penuh kita bisa memasukan capsule warna putih dahulu, menyeduhnya baru memasukan capsule kedua. Untuk indikator takaran air berapa bar yang harus disesuaikan juga telah dicantumkan di boks/buku panduan, jadi kita tinggal mengikutinya. Untuk contoh di atas, capsule putih akan membutuhkan 6 bar dan untuk yang kedua hanya satu bar saja. Semua dimasukan di gelas yang sama, setelah keduanya tercampur, minuman siap disajikan.

Untuk minuman yang hanya membutuhkan satu capsule, misalnya espresso intenso, Anda hanya memasukan satu capsule, mengatur bar indikator takaran air sampai full, alias 7 bar, setelah gelas terisi, Anda bisa langsung menikmatinya.

Dalam panduan penyajian juga tersedia ukuran jumlah air yang dibutuhkan, tetapi saya kadang tidak mengikutinya, yang penting dikira-kira saja, dengan mengintip lewat bagian depan alat, sisa air yang ada dirasa cukup. Atau jika merasa kurang, isi penuh lagi.

dolce gusto

Saat mencoba kemarin, sayangnya tidak ada contoh green tea latte dan peach, jadi tidak bisa mencoba minuman selain kopi serta tidak bisa mencoba minuman dingin. Dolce Gusto DA ini bisa membuat minuman dingin bisa pula panas. Untungnya, ada milo susu yang bisa saya coba kemarin. jadi sebagai pengganti teh agar minuman yang dibuat bervariasi, saya mencoba untuk menyajikan milo susu untuk para pemesan, alias rekan sekantor.

Tampilan dan rasa

Serunya membuat kopi dari mesin kopi dengan desain keren tentunya tidak akan lengkap jika rasa minumannya tidak enak. Saya mengandalkan indera rekan kerja saya untuk merasakan hasil kopi dari capsule Nescafe yang dibuat dengan mesin Dolce Gusto DA ini.

Hampir semua yang mencoba mengatakan bahwa kopinya enak, Late Macchiato – Caramel, Espresso Intenso serta Milo Susu adalah beberapa menu yang kami coba. Ada beberapa rekan saya mengatakan bahwa ia lebih suka diaduk lagi setelah hasil kopi jadi, ada pula yang langsung menikmatinya. Untuk Milo Susu, hampir semua yang mencoba mengatakan rasanya enak.

dolce gusto

Sekali lagi sayangnya tidak ada green tea lattte atau peach yang bisa saya coba untuk memberikan gambaran minuman selain kopi serta minuman dingin. Tapi secara garis besar, rekan saya yang mencoba cukup puas dengan rasanya. Tampilan beberapa minuman yang menampilkan layer juga memberikan kesan seperti yang disebutkan dalam salah satu promo Dolce Gusto, yaitu merasakan kopi ala cafe di rumah atau kantor Anda.

Peran paling penting bisa jadi adalah di capsule bahan minuman dari Nescafe, meski demikian, mesin Dolce Gusto juga berperan penting untuk menyajikan takaran air dengan kemudahan pengaturan. Anda hanya men-tap bagian atas untuk menentukan bar takaran air, mudah dan fungsional karena menjaga agar minuman tidak terlalu encer. Mesin Dolce Gusto ini juga berperan untuk menghadirkan panas air yang cukup dalam proses menyeduh.

Pengalaman saya sendiri, menjadi ‘bartender’ ala cafe, meski hanya amatiran cukup menyenangkan. Pertama karena prosesnya cukup mudah dan seru. Kita hanya memasukan capsule atau isi dari bahan minuman, menekan tombol di bagian dengan sentuhan dan menunggu sajian selesai. Mudah, cepat dan tidak ribet. Meski demikian sampah yang dihasilkan ternyata cukup banyak, karena setiap capsule hanya bisa digunakan sekali, tisu untuk membersihkan air serta bagian body perangkat juga cukup banyak.

dolce gusto

Mesin Delce Gusto sendiri telah bisa dibeli di beberapa ecommerce populer tanah air, untuk model yang saya gunakan dalam review ini, Dolce Gusto Drop Automatic dengan warna merah hitam harganya jualnya 3.4 juta rupiah. Sedangkan untuk capsule atau bahan minumannya, kurang lebih harganya 330 ribu rupiah untuk 3 box, masing-masing box isi 16 (8+8 untuk bahan dua macam, misalnya kopi dan cokelat atau milo dan susu). Harga untuk capsule memang bisa jadi lebih mahal dari sachet kopi biasa, namun tentu saja pengalaman penyajian dan kemudahan yang ditawarkan, serta rasa yang dihasilkan juga menjadi kelebihan yang ditawarkan dari Nescafe Dolce Gusto.

dolce gusto

Kombinasi desain yang modern, kemudahaan penggunaan serta rasa yang dihasilkan adalah kombinasi yang pas dari kopi olahan Nescafe serta mesin Nescafe Dolce Gusto. Tidak salah jika tagline dalam promosi ini Nescafe menonjolkan pengalaman membuat kopi ala cafe di rumah. Anda tentu saja bisa pula meletakan mesin ini di kantor sehingga rekan kerja Anda bisa menikmati juga proses membuat kopi yang seru dan mudah.

dolce gusto

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
oleh wiku
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…