Interview

Mendalami Strategi dan Inovasi Rukita Dalam Upaya Memimpin Pasar Proptech Indonesia

Menurut sang CTO, inovasi teknologi sangat krusial bagi Rukita untuk menunjukkan taringnya di industri properti teknologi.

Sebagai salah satu sektor industri yang terdampak pandemi, industri properti diklaim sebagai sektor yang pemulihannya cukup signifikan. Di dalamnya, sejumlah penyedia platform property technology (proptech) juga dinyatakan tengah bersiap untuk melaju lebih pesat dan bersaing dalam memenangkan pasar. Derasnya arus kompetisi di industri ini tentu mendorong para pemainnya untuk terus konsisten dalam berinovasi mempersembahkan produk, dan layanan yang menjawab kebutuhan pasar properti.

Rukita, yang dikenal sebagai platform penyedia sewa hunian jangka panjang, merupakan salah satu startup proptech yang menarik perhatian kami. Pertumbuhannya yang pesat di sela usianya yang masih terbilang belia, membuat Rukita patut dipertimbangkan dalam mencari calon pemimpin industri proptech Indonesia di masa mendatang. Untuk mencari tahu lebih dalam, DailySocial.id sempat berbincang dengan Xu-Zonne Ho, Co-Founder dan Chief Technology Officer Rukita tentang bagaimana strategi Rukita dalam bersaing dan memenangkan pasar melalui inovasi teknologi. Seperti apa?

Evolusi teknologi dalam mengimprovisasi pengalaman di ekosistem industri properti.

Sebagai pimpinan di departemen teknologi perusahaan, Xu memiliki pandangan menarik soal mengapa evolusi teknologi mampu menawarkan solusi, sekaligus meningkatkan pengalaman pelaku pasar di industri properti. Dirinya berpendapat, implementasi kemajuan sains teknologi bagi industri properti sangat kompleks. Mulai dari teknologi pemetaan, data science, AI, Virtual Reality, hingga Internet-of-Things (IoT) seluruhnya dihadirkan untuk tak hanya menjawab permasalahan, namun juga meningkatkan pengalaman bagi para pelaku pasarnya.

Xu menambahkan, pemanfaatan teknologi modern bagi industri properti juga kian relevan dengan situasi saat ini. “Sekarang bahkan calon pembeli Anda tidak harus datang ke lokasi untuk melihat langsung keadaan properti. Anda hanya cukup memasang headset VR untuk melihat bahkan sampai pada desain interior bangunan tersebut sekaligus dapat memvisualisasikan project Anda ke depannya,” ujar pria yang akrab disapa Xu ini kepada DailySocial.id.

Melalui pengembangan teknologi yang konsisten, Rukita menawarkan solusi yang komprehensif bagi pasar sewa hunian jangka panjang.

Xu mengaku, Rukita saat ini berfokus pada banyak hal. Salah satu fokusnya adalah tentang bagaimana pengembangan produk teknologi Rukita mampu meningkatkan pengalaman terhadap para pelaku ekonomi di dalam ekosistemnya, mulai dari konsumen (penyewa), agen properti, hingga rekan atau mitra. Berbicara mengenai mitra, bisnis Rukita sejatinya bergantung pada pengakuisisian hal tersebut, sebab, produk teknologi yang ditawarkan Rukita juga dihadirkan sebagai property management yang diyakini mampu mengakselerasi mitra dalam mengelola operasional.

“Jadi yang kita lakukan sejauh ini adalah property management, keseluruhan proses manajemen semuanya didigitalisasi seperti pembayaran sewa sampai reporting dari operasional. Misalnya Anda adalah seorang pemilik kost, Anda bisa mengetahui berapa keuntungan harga sewa yang akan Anda dapatkan bulan ini, bulan depan, atau bahkan minggu depan,” paparnya.

Teknologi juga punya peran krusial untuk business development Rukita.

Xu menjelaskan, bahwasanya 80% proses sales di Rukita dijalankan secara digital. Mulai dari keperluan sales, booking, dan lain sebagainya, dapat diselesaikan dengan baik melalui teknologi yang dikembangkan oleh Xu dan tim dalam mempersingkat proses-proses yang dahulu masih dilakukan secara manual.

Ia mencontohkan, teknologi sangat membantu untuk mengerucutkan proses dalam mengelola ribuan sales inquiries setiap harinya. Implementasi teknologi lainnya yang tak kalah krusial dalam menjaga mesin bisnis Rukita terus berputar diklaim Xu melalui solusi teknologi bagi mitra bisnis Rukita.

“Bagi mitra properti kita, mereka bisa mengakses secara real-time, informasi-informasi penting melalui (produk) mobile apps kita. Saat ini kita memiliki aplikasi khusus yang sengaja diperuntukkan buat pemilik properti. Jika dahulu mereka diharuskan untuk call atau email untuk sekedar meminta laporan bulanan, nah sekarang mereka bisa pantau langsung performance-nya secara real time. Intinya, teknologi sangat membantu kita buat scale-up bigger, dan juga membantu kita mengorganisasikan segala hal dengan semua stakeholder baik dengan tenants maupun para property partner,” imbuh Xu.

Rencana Rukita dalam upaya memimpin pasar proptech tanah air.

Xu mengaku, sebagai platform penyedia sewa hunian jangka panjang, kontribusi Rukita bagi industri properti tanah air belum mengarah untuk mengakomodir kebutuhan industri proptech secara keseluruhan. Meski demikian, dirinya menyatakan konsistensi menjadi modal yang terus dipegang Rukita untuk mengakomodasi pasar yang membutuhkan hunian bersama (kost, co-living space, dan sejenisnya) dengan layanan dan kualitas yang ditingkatkan, namun dengan biaya yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

“Jadi long-term goal kita adalah mampu menyediakan tempat tinggal yang nyaman, terjangkau, dan hassle-free di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Beberapa waktu lalu, Rukita juga baru saja mengakuisisi Infokost yang merupakan startup yang bergerak di bidang online listing untuk sewa hunian seperti indekos dan sejenisnya. Dalam keterangannya, melalui pengakuisisian ini Rukita menargetkan bakal memperluas cakupan bisnisnya untuk semakin memantapkan kiprahnya di industri proptech tanah air.

Advertorial ini didukung oleh Rukita.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter