Categories

Event

Mendalami Teknologi Kubernetes di #SelasaStartup: “Kubernetes 101: The connection between technology and agility”

Ikuti Kubernetes 101 di #SelasaStartup!

Asti - 13 April 2021

Perkembangan teknologi semakin cepat. Termasuk datangnya teknologi baru bagi kalangan software developer (pengembang perangkat lunak) yang memudahkan mereka untuk merancang sebuah aplikasi melalui ‘containers’. Kontainer adalah cara modern yang dilakukan oleh para developer untuk mengemas aplikasi software, sehingga bisa lebih mudah didistribusikan dengan cepat dan efektif. Namun kalau ada terlalu banyak kontainer, ini bisa menjadi sangat sulit untuk dikelola. Untuk mengoptimalkan fungsi teknologi container, umumnya pengembang memanfaatkan sebuah aplikasi khusus, salah satu yang belakangan sering direkomendasikan adalah Kubernetes.

Sebagai sistem orkestrasi container open-source, Kubernetes menyediakan kerangka kerja bagi developer untuk mengatur kontainer ini. Jadi, Kubernetes merupakan platform portabel yang dapat disesuaikan dan dapat memfasilitasi otomatisasi, penerapan, dan konfigurasi kontainer di seluruh kelompok host. Kubernetes berdiri di atas platform Linux dan dirancang sedemikian rupa untuk mempermudah pengembang mengelola container yang berisikan sekian aplikasi melalui proses yang singkat dan mudah.

Pertama kali dikembangkan oleh Google pada 2014 silam, Kubernetes merupakan proyek open-source yang dibangun berdasarkan pengalaman Google selama satu setengah dekade terakhir menjalankan berbagai workloads hasil kontribusi dari berbagai komunitas pengembang dalam ekosistem Google. Selepas pengembangan awal, Kubernetes pun kian populer di kalangan pengembang dunia. Hal itu tak lepas dari fitur yang diusungnya diklaim memiliki sejumlah benefit, di antaranya; service discovery and load balancing, storage orchestration, automated rollouts and rollbacks, automatic bin packing, dan banyak fitur lainnya.

Melihat ekonomi digital saat ini, aplikasi penampung ini menjadi hal normal baru yang sering ditemukan untuk organisasi modern yang mengelola aplikasi. Komunitas juga melihat organisasi perusahaan besar mulai menggunakan Kubernetes yang dapat membantu mempercepat transformasi digital perusahaan mereka. Kubernetes sendiri menyediakan platform bagi pengguna, berapa pun ukuran organisasinya,dapat mengelola container-container ini menjadi lebih efisien, dengan sumber daya yang lebih sedikit, dan tidak memakan banyak waktu.

SUSE Rancher melansir, Kubernetes merupakan solusi kunci bagi perusahaan dalam upaya transformasi digital.  Kubernetes mempermudah perusahaan dalam merancang, memaketkan, dan menjalankan aplikasi. Dengan memasukkan aplikasi ke dalam container dan menggunakan Kubernetes, tim Developer dapat mengintegrasikan solusi penyimpanan, mengotomatiskan peluncuran dan rollback, dan bekerja di semua infrastruktur selama mereka menjalankan distribusi bersertifikat. Ini adalah cara yang efisien bagi tim TI untuk mengelola jumlah kontainer mereka yang terus bertambah saat mereka ingin mengubah infrastruktur mereka. Hal itu didukung dengan solusi teknologi Kubernetes yang dianggap mampu meningkatkan kelincahan dan efisiensi bagi tim pengembang software perusahaan.

Melihat perjalanan teknologi saat ini, aplikasi perusahaan menjadi lebih kompleks, dan tim Developer dan operasi membutuhkan alat untuk mengelola kerumitan itu. Kubernetes adalah alat itu – memungkinkan perusahaan untuk menerapkan, menskalakan, dan mengelola aplikasi dalam container di mana saja. Baca panduan ini, Kubernetes Management For Dummies, untuk mendapatkan bantuan dalam membangun lingkungan Kubernetes tingkat perusahaan

Keunggulan lain Kubernetes tentu sepertinya tak akan cukup dijabarkan dalam satu halaman artikel ini. Jika Anda tertarik untuk mendalami solusi Kubernetes lebih lanjut, DailySocial bersama dengan SUSE mengajak Anda untuk membahas Kubernetes lebih lanjut dalam seri #SelasaStartup yang bertemakan “Kubernetes 101: The connection between technology and agility”. Rencananya, bincang hangat virtual seputar Kubernetes ini akan dilangsungkan pada 20 April 2021 pukul 7 malam WIB di platform Zoom. Sebelum itu, Anda juga bisa download dan membaca Kubernetes Management For Dummies, untuk mendapatkan gambaran dalam membangun lingkungan Kubernetes tingkat perusahaan. 

Pastikan Anda tidak melewatkan kesempatan ini untuk belajar lebih dalam seputar Kubernetes 101 bersama kami di #SelasaStartup.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id