21 May 2014

by Yoga Wisesa

Mendesain Kaos di Smartphone Dengan App UTme! dari Uniqlo

Uniqlo adalah sudah berkiprah dalam bidang produksi dan desain pakaian kasual selama lebih dari 60 tahun. Pengalaman yang mereka miliki membuat Uniqlo melihat industri ini dengan perspektif unik. Tidak asing dalam memanfaatkan teknologi untuk berbisnis, kali ini Uniqlo meluncurkan sebuah aplikasi smartphone dimana pengguna bisa bebas mendesain kaos sendiri.

Uniqlo menamainya UTme!. Dengan aplikasi ini Anda bisa membuat desain kaos dengan tiga buah metode dasar: gambar atau lukisan dengan memanfaatkan jari, karya tipografi dengan tulisan kreasi Anda sendiri, dan foto. Setelah memilih metode favorit dan membuat karya 'dasar', selanjutnya Anda tinggal memilih efek visual yang tersedia.

Efek visual ini juga tampaknya tersaji dalam tiga buah variasi, splash, glitch dan mozaik. Splash memberikan efek percikan tinta, kemudian glitch akan memotong-motong karya Anda, sedangkan yang terakhir akan mengubahnya menjadi seperti mozaik. Setelah diaplikasikan, Anda hanya perlu mengguncangkan smartphone untuk memperkuat efek yang dipilih.

Pendekatan ini sangat menarik, karena intuitif dan menghasilkan efek yang tidak terlihat murahan. Sesederhana apapun karya awal yang Anda buat, kemampuan efek UTme! bisa membuatnya terlihat canggih, seperti dirancang oleh desainer profesional. Dan bagi beberapa orang, fitur tersebut akan membuat UTme! menjadi sangat adiktif.

Setelah puas dengan desain kaos yang telah dibuat, Anda hanya tinggal mengunggahnya ke website Uniqlo. Di sana Anda bisa membeli t-shirt tersebut seharga ¥ 1.990 atau sekitar US$ 20 (saat ini hanya tersedia untuk pasar Jepang).

Jika Anda terlalu malas untuk mengunduh app, apalagi mendesain kaos sendiri, Anda bisa langsung mengunjungi situs mereka untuk melihat-lihat ratusan karya yang sudah dibuat oleh pengguna UTme! sebelumnya. Atau Anda bisa mencoba membuat desain dengan layanan yang sama di versi web-nya.

Di sana Anda juga akan mengetahui desain seperti apa yang populer bagi konsumen, atau berlomba-lomba untuk menciptakan desain favorit. Tapi Anda harus ingat bahwa seperti apapun desain yang Anda buat, sebaiknya ia tidak melanggar syarat dan ketentuan yang Uniqlo telah tentukan. Itu artinya, tidak boleh ada desain-desain bertema 'dewasa'.

Kemudian sang produsen pakaian asal Jepang itu juga mengingatkan bahwa pengguna app UTme! dilarang menggunakan gambar atau karya yang dipatenkan atau dilindungi hak cipta. Namun dengan begitu banyaknya desain yang masuk ke database Uniqlo, kita hanya bisa berharap mereka tetap dapat memilah-milih dengan optimal.

Aplikasi ini telah dirlis sejak tanggal 18 Mei lalu dan sudah bisa diunduh baik ke perangkat ber-platformAndroid ataupun iOS Anda secara gratis. Pastikan device Anda memiliki berjalan di OS Android 4.0.3 ke atas atau iOS 4.3 atau yang terbaru. Dan silakan simak video trailer-nya di bawah ini.

Sumber: Mashable.