16 April 2015

by Glenn Kaonang

Menelusuri Studio Rekaman Legendaris Bersama Proyek Buatan Google, Inside Abbey Road

Abbey Road Studios, studio rekaman ini merupakan salah satu yang paling populer di dunia. Cukup banyak nama besar di industri musik yang menghasilkan karyanya di dalam studio di kota London tersebut, salah satu yang paling tenar adalah The Beatles, lewat albumnya yang berjudul Abbey Road.

Apa saja yang membuat studio rekaman ini begitu melegenda? Well, mungkin satu film dokumenter saja saya rasa belum cukup untuk menjelaskan seisi studio Abbey Road. Namun Anda kini bisa menelusuri studio Abbey Road secara virtual berkat proyek racikan Google.

Bernama Inside Abbey Road, situs yang dibuat Google ini memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi seluruh isi Abbey Road Studios, yang mencakup tiga studio utama dan ruang mastering.

Sederhananya, Inside Abbey Road merupakan cara Google memetakan studio tersebut dalam format Street View. Akan tetapi, ketimbang hanya gambar 360 derajat, Google juga telah menambatkan sejumlah artikel, foto maupun video YouTube pada berbagai objek yang tersebar di dalam studio.

Google juga telah menyiapkan tur virtual untuk setiap studio yang akan dipandu oleh produser Giles Martin, engineer Mirek Stiles atau presenter BBC Radio 6 Lauren Laverne.

Info menarik: Bersiap Diri Menghadapi Ujian SIM dengan Bantuan Google Street View

Tidak cuma itu, beberapa objek yang ada di dalamnya juga interaktif. Di ruang mixing di Studio 1 misalnya, Anda bisa belajar menggunakan perangkat mixer untuk mengoptimalkan alunan sejumlah lagu sesuai dengan versi orisinilnya.

Di ruangan lain, Anda bisa bermain-main dengan perangkat 4-track recorder J34 yang digunakan oleh The Beatles untuk merekam album Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band, menggabungkan berbagai instrumen seperti bass, lead guitar, fill guitar, drum dan lain sebagainya.

Di Studio 3, ada satu ruangan yang menyimpan seluruh koleksi mikrofon milik Abbey Road Studios, khususnya mikrofon-mikrofon antik nan legendaris dari berbagai merek. Masing-masing mikrofon ini bisa Anda lihat secara merinci dari sudut 360º, selagi sang narator menjelaskan kisah di balik setiap mikrofon.

Selain yang saya sebutkan di sini, masih ada banyak lagi hal menarik yang bisa Anda telusuri di Abbey Road Studios. Anda bisa mengakses situs Inside Abbey Road langsung pada browser di laptop atau komputer. Jangan lupa siapkan headphone agar petualangan Anda terasa lebih seru.

Sumber: TheNextWeb.