10 Pengembang Apps Android Terbaik Dunia, Baidu Tempat Urutan Keenam

Ini Daftar 10 Pengembang Apps Terbaik Dunia

mobile
mobile

App Annie Intelligence, sebuah lembaga pemerhati pasar aplikasi global, pada Juni 2014 lalu merilis sebuah data yang menarik. Empat dari sepuluh besar daftar perusahaan pengembang aplikasi global terbaik berasal dari negeri Tiongkok, Baidu menjadi salah satunya.

Melewati Apple yang bertengger di posisi kesepuluh, Baidu menduduki posisi keenam tepat di bawah perusahaan IT raksasa lainnya, Microsoft. Survei ini dilakukan oleh App Annie Intelligence berdasarkan akumulasi jumlah unduhan global aplikasi di iOS App Store dan Google Play Store untuk bulan Juni 2014. Masih berdasarkan Index Aplikasi Global rilisan App Annie, urutan pertama dipimpin oleh Facebook asal AS yang memiliki jumlah total 36 aplikasi. Disusul oleh Google, Cheetah Mobile, Sungy Mobile, Microsoft, Baidu, Tencent, Outfit 7, LINE, dan Apple.

WhatsApp Messenger, Facebook for Android, dan Facebook Messenger merupakan tiga aplikasi teratas pada 10 besar daftar aplikasi yang paling banyak diunduh versi Google Play Store. Tak ketinggalan, Instagram turut meramaikan daftar ini dengan menduduki posisi keempat. Tak ayal Facebook masih menjadi yang teratas dalam urusan ini. Meskipun begitu, keberhasilan negara Tiongkok mendobrak pasar dunia menjadi catatan yang harus diperhitungkan oleh setiap penggiat IT di dunia. Cheetah Mobile dan Baidu masing-masing memiliki dua aplikasi pada daftar tersebut.

 

Info menarik: Tim Universitas Harvard Berhasil Membuat Robot Origami Pertama di Dunia

 

Untuk Baidu, pencapaian ini ditengarai oleh pertumbuhan yang signifikan dari dua aplikasi mereka yaitu DU Battery Saver dan DU Speed Faster. DU Battery Saver sebagai salah satu aplikasi penghemat daya baterai smartphone, kini telah menembus angka unduhan hingga 10 juta kali sejak aplikasi tersebut rilis pada September 2012 lalu.

Menurut laporan App Annie Intelligence, Indonesia menjadi negara yang menyumbangkan jumlah unduhan terbesar bagi aplikasi terebut, terutama minggu ketiga di bulan Juni 2014 kemarin. Tidak hanya mengusung penghematan baterai, aplikasi ini turut menyediakan  berbagai widget dan mengizinkan pengguna melakukan pengaturan dalam berbagai bahasa, langkah ini sejalan dengan tujuan mereka untuk memperkenalkannya sebagai aplikasi global.

Aplikasi Baidu lainnya yang juga mengalami pertumbuhan pesat adalah DU Speed Booster. Menggunakan aplikasi ini, pengguna mampu meningkatkan kecepatan kinerja perangkat Android mereka hingga 60% lebih cepat. App Annie mencatatkan bahwa aplikasi ini berkembang di beberapa pasar penting sekaligus, pertumbuhan jumlah pengguna terbesar di Amerika Serikat, Meksiko, Brasil, dan Thailand.

top-companies-ios-and-google-play-combined-apps-worldwide-june-2014

 

[Ilustrasi foto: Mobile via Shutterstock]

 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…