1. Startup

Menentukan Tipe Pelanggan yang Tepat untuk Startup

Cara tepat menentukan pelanggan yang sesuai dengan produk dan layanan dari startup

Salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah startup adalah ketika telah menemukan target pasar atau konsumen yang tepat. Menentukan target pasar yang tepat bukan hanya membantu startup berkembang kebih baik, namun juga berguna untuk setiap tahap yang telah dilalui oleh startup terutama jika startup mendapatkan dukungan penuh dari investor. Dalam artikel berikut akan dibahas beberapa contoh target pasar atau pelanggan yang bisa sesuai dengan produk dan layanan dari startup.

Pelanggan yang bersedia

Jenis pelanggan yang satu ini ternyata cukup efektif untuk mendapatkan feedback secara cepat serta kesediaan mereka untuk mengikuti dan mencoba layanan dan produk yang ada. Untuk startup yang masih dalam tahap awal, jenis pelanggan seperti ini bisa membantu startup menentukan strategi selanjutnya sekaligus melakukan koreksi terhadap kekurangan atau kesalahan yang ada dalam produk.

Sebagai contoh ketika Periscope baru saja meluncur, pengguna yang bersedia untuk mencoba dan mengikuti semua live stream yang ada, cukup membantu untuk melihat sejauh mana keberhasilan produk tersebut. Semakin besar keinginan pelanggan yang bersedia untuk mencoba, semakin besar kesempatan produk untuk berkembang dengan baik.

Pelanggan yang pemaaf

Jenis pelanggan yang satu ini cukup efektif untuk melihat kesalahan namun tetap bersedia untuk menggunakan. Terutama untuk startup yang baru saja meluncurkan produk terbaru atau startup yang baru saja melakukan rebranding, penambahan fitur dan inovasi. Pastinya bakal ada kesalahan, kekurangan dan hal-hal yang terlewat dalam produk tersebut.

Jika pelanggan yang ada cukup pemaaf dan mengoreksi kesalahan yang ada namun tetap bersedia untuk menggunakan produk atau layanan startup, untuk seterusnya pelanggan tersebut akan menjadi pelanggan yang setia, selama Anda menerima semua masukan dan kritikan yang ada.

Pelanggan yang viral

Ketika startup telah menemukan product-market fit cara paling tepat selanjutnya adalah dengan melakukan pendekatan kepada pelanggan yang memiliki pengaruh atau influential customers. Sebelum melakukan kegiatan tersebut, pastikan produk telah berfungsi dengan baik, karena ketika pelanggan yang viral akan menggunakan dan mempromosikan produk yang ada, akan tidak dengan mudah menerima toleransi atau menjadi pemaaf ketika produk atau layanan tidak berfungsi dengan baik.

Pelanggan setia

Anda akan mendapatkan keuntungan besar dari pelanggan setia yang bersedia menghabiskan uang dan waktu untuk produk Anda. Jika pelanggan setia telah cukup banyak jumlahnya, upayakan untuk selalu menghadirkan inovasi, fitur dan pilihan terbaru untuk mereka, dan pastikan untuk selalu memberikan layanan terbaik kepada pelanggan setia.

Banyak perusahaan membuat kesalahan dengan menampung satu jenis pelanggan dengan mengorbankan pelanggan baru. Tantangannya adalah untuk mendorong nilai dari pelanggan setia Anda tanpa mengasingkan mereka yang belum memberikan kontribusi atau cukup berharga bagi perusahaan.

Pelanggan yang menguntungkan

Akhirnya untuk bisnis yang matang, pendorong utama adalah mendapatkan profit. Anda akan lebih memilih pelanggan yang membutuhkan sumber daya paling sedikit untuk menjangkau dan mempertahankan mereka dari waktu ke waktu. Pelanggan yang membayar lebih dan menuntut lebih sedikit, setidaknya akan mendorong margin keuntungan perusahaan.

Pada tahap ini, banyak perusahaan yang mulai melupakan cara tepat untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan setia dan pelanggan baru, sehingga memberikan peluang kepada kompetitor untuk menjangkau lebih banyak pelanggan yang dinilai kurang memiliki potensi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again