20 November 2013

by Yoga Wisesa

Mengantisipasi Peluncuran Xbox One, App SmartGlass Dirilis di WP, Android dan iOS

Untuk menyertai peluncuran Xbox One di hari Jumat besok, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan merilis app Xbox One SmartGlass.

Aplikasi SmartGlass akan mengubah device mobile dan tablet Anda menjadi layar kedua dalam menikmati platform game baru garapan Microsoft ini. Menariknya, ia sudah bisa Anda akses di iTunes, Google Playstore dan Windows Phonemarketplace dua hari sebelum Xbox One diluncurkan.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, Anda bisa menggunakan device pintar sebagai remote maupun controller, bahkan menggunakannya untuk mengakses klip-klip video, berinteraksi dan menjelajahi isi konten Xbox Live seperti achievement, pin, pesan masuk hingga fitur activity feed terbaru. Bukan hanya itu saja, Xbox One SmartGlass juga bisa Anda gunakan untuk berbelanja di Xbox Store.

Aplikasi SmartGlass ini diklaim memiliki performa yang lebih baik dibanding versi Xbox 360-nya. Microsoft menjanjikan bahwa mereka telah meningkatkan kemampuan pairing sehingga membuatnya lebih cepat 3,5x dibandingkan sang pendahulu. Memang tidak sedikit orang yang mengkritisi tingginya latensi pada SmartGlass versi Xbox 360, namun kali ini koneksi akan berjalan sangat mulus.

Satu tambahan unik yang Microsoft tambahkan di dalam bagian antar muka memungkinkan device Windows Phone tetap aktif - sehingga pengguna tidak 'terkunci' kembali dari luar. Fitur ini pastinya juga akan hadir baik untuk versi iOS maupun Android. Kita sama sekali tidak mau pengalaman ber-gaming terganggu karena harus memasukkan kata sandi device tiap kali menonton cutscene game.

Tentunya kita baru akan menikmati seluruh kemampuan Xbox One SmartGlass setelah Microsoft merilisnya di hari Jumat nanti. Namun berita buruknya adalah pada tanggal 22 November, console ini hanya akan dirilis di 13 negara: Australia, Austria, Brazil, Kanada, Prancis, Jerman, Irlandia, Itali, Meksiko, Selandia Baru, Spanyol, Inggris (termasuk Skotlandia dan Irlandia) serta Amerika Serikat.

Microsoft belum memberikan kepastian tentang gamer yang berada di benua Asia, apalagi Indonesia. Maka dari itu, jangan tahan nafas Anda untuk menunggunya. Banyak yang berasumsi Xbox One baru bisa kita nikmati di pertengahan 2014, dan itu artinya masih cukup lama.

Via TheVerge. Gambar header: Polygon.com.