Categories

Gadget

Mengemas Bluetooth, Kunci Sepeda Ini Bisa Membuka Secara Otomatis

Glenn Kaonang - 25 May 2015

Kunci sepeda ada banyak sekali macamnya. Ada yang simpel tapi mudah dibobol, dan ada yang ribet tapi biasanya akan membuat maling menyerah.

Kalau Anda ingin aman, tentu saja Anda akan memilih kunci sepeda yang ribet. Namun apakah sesuatu yang aman harus berarti ribet? Apakah tidak ada kunci sepeda yang tangguh namun tidak membuat kita bersusah payah setiap ingin mengunci dan membukanya?

Ada, namanya Linka. Kunci sepeda pintar ini tengah menjalani kampanye di Kickstarter, dan sejauh ini para backer tampak begitu antusias.

Linka berbentuk seperti borgol, dengan konstruksi yang terbuat dari baja dan bobot kurang dari 500 gram. Linka tidak perlu dilepas-pasang; ia akan menancap ke brake bridge belakang sepeda Anda, lalu ‘memborgol’ roda belakang ketika aktif. Praktis dan efektif.

Info menarik: Centinel Wheel, Roda Pintar yang Sanggup Menyulap Sepeda Biasa Menjadi Sepeda Listrik

Akan tetapi letak keunikan Linka adalah fitur otomatisnya. Linka bisa Anda sambungkan dengan smartphonevia Bluetooth 4.0. Setelah pairing berhasil, Linka akan mendeteksi setiap kali Anda berada di sekitarnya.

Idealnya begini: cari lahan parkir sepeda, tekan tombolnya, maka Linka akan mengunci. Saat Anda kembali menghampiri sepeda Anda, Linka akan mendeteksi keberadaan smartphone Anda dan membuka borgolnya secara otomatis.

Namun terjadi skenario yang agak menyeramkan: smartphone Anda kehabisan baterai dan Linka otomatis tak bisa mendeteksi keberadaannya, membiarkan sepeda Anda terkunci begitu saja di saat sang pemilik tengah terburu-buru ingin pulang. Jangan khawatir, Linka telah dilengkapi akses berbasis passcode 4 digit yang bisa Anda masukkan via tombolnya – passcode ini harus Anda tetapkan terlebih dahulu melalui aplikasi pendampingnya di Android atau iOS.

Info menarik: Sepeda Bernama Yerka Ini Diklaim Tak Bisa Dicuri

Lalu apa yang terjadi ketika semua pengamanan tersebut gagal karena sang pencuri memutuskan untuk menggotong sepeda Anda ketimbang mengayuh pedalnya yang terkunci? Linka telah dilengkapi accelerometer 3-axis untuk mengenali situasi seperti ini. Di saat hal ini benar-benar terjadi, Linka akan membunyikan sirene 100 dB sekaligus mengirimkan notifikasi ke smartphone Anda.

Karena mengemas Bluetooth, Linka pun memerlukan baterai untuk bisa berfungsi. Kabar baiknya, baterai ini diklaim bisa bertahan hingga satu tahun dalam satu kali charge. Saat baterainya mulai kritis, aplikasi pendampingnya akan mengingatkan Anda.

Linka saat ini telah memenuhi targetnya di Kickstarter. Anda bisa memesan satu unitnya seharga $99, atau $139 dengan tambahan rantai pengaman sepanjang 76 cm buat yang tidak mau kompromi soal keamanan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter