Categories

Gadget

Mengenal 5 Jenis Tas Kamera Beserta Kegunaannya

Sama seperti kamera yang terdiri dari beberapa jenis, tas kamera juga punya banyak tipe dan ditujukan untuk kebutuhan yang berbeda

Glenn Kaonang - 2 July 2016

Kamera saku, kamera mirrorless, kamera DSLR; kita tahu bahwa berbagai jenis kamera ini ditujukan untuk konsumen dan kebutuhan yang berbeda. Prinsip yang sama juga berlaku untuk tas kamera, dimana setiap jenisnya punya kegunaan yang berbeda-beda.

Mencari tas kamera memang tidak sulit, namun ada baiknya Anda memahami lebih dulu jenis-jenisnya sebelum membeli. Dalam kesempatan ini, saya akan mencoba menjelaskan mengenai 5 jenis tas kamera yang umum dijumpai beserta kegunaannya masing-masing.

1. Pouch dan Holster

Artisan & Artist GI-MN Camera Pouch / B&H Photo Video

Tas berjenis pouch biasanya dimaksudkan untuk menyimpan kamera saku berkat ukurannya yang ringkas. Holster di sisi lain bisa dianggap sebagai pouch versi besar, ditujukan buat pengguna kamera mirrorless atau DSLR yang hanya membutuhkan satu jenis lensa – yang terpasang pada bodi kamera – ketika berpergian.

Lowepro Toploader Pro 75 AW II Holster / B&H Photo Video

Baik pouch maupun holster umumnya bisa dikaitkan ke celana atau sabuk, memberikan akses cepat ke kamera ketika Anda diharuskan untuk bereaksi dengan sigap supaya tidak ketinggalan momen dan menyesal beberapa detik kemudian.

2. Tas Selempang atau Messenger Bag

Think Tank Photo Mirrorless Mover 20 / B&H Photo Video

Sering juga disebut dengan istilah shoulder bag, ini merupakan jenis tas kamera yang paling populer. Model ini umumnya dapat menampung sebuah DSLR beserta satu atau lebih lensa tambahan, plus aksesori lain seperti charger atau flashgun. Tas kamera model selempang ini juga menjadi favorit karena sanggup memberikan akses cepat dengan posisinya yang berada di samping.

3. Tas Ransel atau Backpack

Manfrotto Essential DSLR Camera Backpack / B&H Photo Video

Umumnya menjadi pilihan fotografer profesional, backpack dapat mengakomodasi lebih banyak lagi dibanding tas selempang. Selain menjadi rumah DSLR dan beberapa lensa sekaligus, terkadang tas kamera model ransel juga mempunya kompartemen khusus untuk menyimpan laptop atau tablet.

Beberapa model backpack bahkan memiliki pengait untuk tripod. Tipe tas ini ideal bagi yang hendak membawa perlengkapan kameranya dalam jarak jauh, saat hiking atau berkemah di kaki gunung misalnya.

4. Sling Bag

Crumpler Enthusiast Tech Backpack / B&H Photo Video

Sling Bag bisa menjadi alternatif ketika tas model ransel terkesan terlampau besar, namun tas selempang terasa terlalu kecil. Kapasitasnya cukup lumayan meskipun masih kalah dibanding backpack, dan lagi pengguna tidak disarankan membawa terlalu banyak mengingat sling bag hanya akan disangga oleh satu bahu saja.

Pun begitu, kelebihan sling bag dibanding backpack adalah perihal akses, dimana pengguna tak perlu repot-repot melepas tas untuk mengambil isinya; geser saja ke depan saat hendak mengganti lensa atau mengambil baterai cadangan.

5. Tas Troli atau Rolling Case

Pelican 1650 Case / B&H Photo Video

Tidak semua fotografer profesional menggunakannya, namun tas troli menjadi pilihan tepat ketika akan berhadapan dengan medan yang ekstrem, khususnya yang bertipe hard case. Volumenya jangan ditanya; seringkali pengguna bisa menyimpan lebih dari satu DSLR beserta sejumlah lensa, atau bahkan drone sekalipun.

Sumber gambar: B&H Photo Video. Gambar header: Camera bag via Pixabay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter