Categories

Infographics

Mengenal Arti "Startup Centaur"

Centaur adalah makhluk setengah manusia dan setengah kuda dalam mitologi Yunani

Amir Karimuddin - 24 July 2021

Kebanyakan dari kita mungkin pernah mendenger istilah "unicorn" atau "startup unicorn". Startup besar seperti Gojek, Tokopedia, atau Traveloka masuk ke kategori ini. Unicorn adalah binatang mistis yang menggambarkan startup dengan nilai perusahaan di atas $1 miliar (Rp14 triliun). Nilai yang bombastis dan luar biasa ini membutuhkan "penggambaran" yang luar biasa juga.

Berikutnya muncul istilah baru "startup centaur". Apa sih sebenarnya centaur ini? Centaur, makhluk setengah manusia dan setengah kuda dalam mitologi Yunani (atau Sagitarius dalam mitologi Romawi), pertama kali diungkapkan oleh Dave McClure, untuk mengiringi unicorn.

Centaur, sebagai "calon unicorn" atau "adiknya unicorn", memiliki nilai perusahaan antara $100 juta (Rp1,4 triliun) dan $1 miliar (Rp14 triliun). Beberapa orang menggunakan istilah "soonunicorn" untuk menjelaskan posisi centaur di antara istilah-istilah startup.

Di Indonesia sendiri sudah ada <10 unicorn dan 40+ buah centaur. Centaur-centaur inilah yang harapannya dalam 1-3 tahun mendatang bisa masuk ke jajaran unicorn.

Infografis berikut ini berisi daftar startup Indonesia yang sudah dikonfirmasi memiliki valuasi di jangkauan centaur per awal tahun 2021. Lebih lanjut, informasi lengkap tentang kondisi startup di Indonesia bisa disimak secara gratis di Startup Report 2020.

Daftar startup centaur Indonesia (2020) / DailySocial

- Disclosure: gambar header dari depositphotos

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter