Interview

Mengenal Bluprin, Situs Direktori Arsitek, Desainer Interior, dan Kontraktor

Telah menjaring 1000 penyedia jasa yang tersebar di 30 kota

Mencari tenaga profesional yang tepat untuk renovasi atau bangun rumah terkadang sulit. Sebab umumnya tenaga yang didapat berasal dari rekomendasi mulut ke mulut, yang mana bagi setiap orang belum tentu cocok. Atas dasar permasalahan inilah Ricky Cahyadi, Martin Samroni dan Andrew Wibowo mendirikan Bluprin.

Bluprin adalah situs direktori untuk arsitek, desainer interior, dan kontraktor di Indonesia. Para penyedia jasa dapat mendaftarkan diri dan memamerkan portofolio sebagai showcase hasil karya untuk dijual ke calon klien. Tersedia pula layanan konsultasi renovasi dengan tim Bluprin. Konsultasi ini berguna bagi calon klien sebelum mendapat rekomendasi daftar kandidat tenaga profesional yang sesuai dengan kebutuhan.

"Kami juga ingin jadikan Bluprin sebagai medium untuk promosi para profesional ini kepada masyarakat dan apa itu desain yang baik," terang Co-Founder & CEO Bluprin Ricky Cahyadi kepada DailySocial.

Ricky melanjutkan, Bluprin sendiri sebenarnya sudah soft launch pada Juni 2016. Pada awal berdiri menggunakan dana sendiri untuk operasionalnya. Namun sudah mendapat investasi dari angel investor dengan identitas yang dirahasiakan.

Bluprin telah menjaring hampir 1000 penyedia jasa yang tersebar di 30 kota. Untuk jumlah proyek yang masuk sekitar 150 per bulan, mayoritas untuk kebutuhan renovasi rumah. Untuk monetisasi, Bluprin menggunakan model komisi dan subscription.

Tantangan dan target

Menurut Ricky tantangan utama yang masih dihadapi Bluprin di lapangan adalah kesiapan masyarakat dalam menggunakan jasa desain ataupun kontraktor. Masih perlu dilakukan edukasi tentang perbedaan dan fungsi dari masing-masing profesional dalam membangun atau renovasi bangunan.

"Tantangan lainnya adalah kesiapan dana. Banyak pemilik properti yang ingin renovasi namun tidak siap dengan budget-nya. Untuk mengatasi itu, Bluprin menggandeng Bank Mandiri dalam memberikan kemudahan spesial kredit renovasi kepada klien."

Untuk target ke depannya, Ricky ingin menjadikan Bluprin sebagai one stop platform yang memungkinkan pemilik properti dapat mencari inspirasi desain dan penyedia jasa profesional sesuai kebutuhan mereka.

Ia juga ingin menjadikan Bluprin lebih dari sekadar direktori, melainkan sebuah komunitas online melalui BluprinBlog. Blog tersebut menjadi ruang para profesional untuk berbagi informasi mengenai proyek terbaru, lowongan kerja, wawancara, dan lainnya.

Untuk mengisi konten blog, perusahaan menggandeng Imelda Akmal Architectural Writer Studio (IAAW). IAAW adalah studio yang bergerak di bidang jasa penulisan buku arsitektur.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter