Categories

Gadget

Mengenal Fitur-Fitur Fotografi dan Videografi Unggulan OPPO Reno4

Deretan fitur yang membantu pengguna untuk menghasilkan foto dan video yang ciamik.

Glenn Kaonang - 27 August 2020

Melanjutkan tradisi yang dimulai oleh tiga generasi sebelumnya, OPPO Reno4 hadir mengunggulkan kemampuan fotografi dan videografi yang mumpuni. Di atas kertas, spesifikasi kameranya sebenarnya sudah sangat kapabel: kamera utama 48 megapixel f/1.7, kamera ultra-wide 8 megapixel f/2.2, kamera macro 2 megapixel, kamera monokrom 2 megapixel, dan kamera depan 32 megapixel.

Namun apalah arti semua itu tanpa didukung oleh fitur-fitur pintar yang dirancang untuk semakin memaksimalkan peran smartphone sebagai alat bantu berkreasi. Itulah mengapa Reno4 juga datang membawa sederet fitur fotografi dan videografi yang menarik. Berikut adalah penjelasan singkat dari fitur-fiturnya.

AI Color Portrait

Kita mulai dari yang paling memikat perhatian, yakni AI Color Portrait. Berkat fitur ini, pengguna dapat mengisolasi subjek foto secara lebih maksimal lagi. Jadi ketimbang sekadar membuat latar belakang terlihat kabur, kenapa tidak sekalian dihilangkan saja warnanya?

Itulah premis sederhana dari AI Color Portrait. Hasil akhir foto yang diambil menggunakan fitur ini akan menampilkan subjek dengan warna yang lengkap, dan sisanya hitam-putih. Yang lebih istimewa lagi adalah, fitur ini berlaku untuk kamera belakang maupun kamera depan, serta bisa juga digunakan saat merekam video.

AI Monochrome Video

Alternatif dari AI Color Portrait untuk perekaman video adalah fitur AI Monochrome Video. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat warna-warna tertentu saja dalam frame video jadi lebih menonjol. Jadi kalau yang dipilih adalah warna merah, maka semua yang tidak masuk dalam spektrum warna merah akan dijadikan hitam-putih.

960 fps AI Smart Slow-Motion

Sesuai namanya, fitur ini hadir untuk membantu pengguna menciptakan aksi slow-motion yang sangat dramatis dalam resolusi maksimum 720p. Begitu dramatisnya, aksi yang sebenarnya hanya memakan waktu satu detik saja jadi bisa memiliki durasi 10 detik saat ditampilkan dalam format slow-motion.

Ultra Steady Video 3.0

Sama seperti Reno sebelum-sebelumnya, Reno4 turut dibekali fitur Ultra Steady Video guna memuluskan hasil rekaman video penggunanya, dan pada versi 3.0 ini, fiturnya juga bekerja saat pengguna merekam memakai kamera depan. Alternatifnya, ada Ultra Steady Video Pro yang siap dipakai ketika memerlukan peredaman secara ekstrem, semisal ketika harus merekam sambil berlari atau bersepeda.

SoLoop

Selesai merekam klip demi klip, saatnya semua itu diedit dan dikemas menjadi satu video yang menarik untuk ditonton dari awal hingga akhir. Stok aplikasi edit video yang tersedia di Google Play memang luar biasa banyak, akan tetapi Reno4 sudah punya yang ter-install secara default, serta cukup pintar untuk meracikkan sendiri kumpulan klipnya sekaligus menyinkronisasikan semuanya dengan musik yang selaras.

Night Flare Portrait

Dahulu smartphone kesulitan untuk mengambil gambar yang bersih di malam hari. Sekarang, Reno4 bahkan bisa menambahkan efek bokeh yang lebih dramatis jika diperlukan. Fitur Night Flare Portrait justru bisa bekerja maksimal saat matahari sudah mulai terbenam, dan pada lokasi dengan banyak kelap-kelip lampu.

Ultra Dark Mode dan Ultra Clear 108MP Image

Dua fitur ini sudah OPPO kembangkan sejak lama, dan tentu saja kembali dijadikan hidangan utama pada Reno4. Pada kenyataannya, fitur Night Flare tadi bisa dibilang merupakan evolusi yang lebih spesifik dari Ultra Dark Mode ini. Pun demikian, Ultra Dark Mode tetap hadir untuk kebutuhan memotret di kegelapan secara umum.

Ultra Clear 108MP Image di sisi lain hadir buat para penggemar fotografi landscape, sebab fitur ini dirancang supaya perangkat dapat menjepret beberapa gambar sekaligus, lalu menyatukannya menjadi foto beresolusi 108 megapixel dengan tingkat detail yang luar biasa.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter