Salah satu hal yang terdapat di konsep Internet of Things (IoT) adalah sistem pemantauan. Perangkat yang saling terhubung memungkinkan pemilik/penggunanya mudah untuk memantau berbagai benda atau perangkat yang dihubungkan satu sama lain melalui sebuah alat komputasi. Salah satu sistem pemantau berplatform IoT yang kini sedang dirintis di Indonesia adalah Fox Logger GPS Technology.

Fox Logger GPS merupakan sebuah platform yang berfungsi sebagai sistem manajemen transportasi yang memungkinkan pengguna memantau aktivitas kendaraan. Pantauan tersebut meliputi jarak tempuh setiap harinya, lokasi parkir, cepat laju kendaraan, lama kendaraan menyala, pemakaian bahan bakar hingga mendeteksi keberadaan kendaraan berdasarkan letak geografis tertentu.

CEO Fox Logger Alamsyah Cheung menyampaikan bahwa solusi yang ditawarkan merupakan sesuatu yang dibutuhkan para pengusaha di bidang logistik. Dengan Fox Logger GPS Technology mereka bisa dengan mudah memantau armada mereka hanya menggunakan gawai atau komputer.

“Dengan Fox Logger GPS Tracking System 2.0 ini, para pengusaha di bidang logistik kini tidak perlu lagi menghabiskan banyak biaya telepon untuk memastikan sopir truk ada di mana. Cukup membuka handphone, tablet atau komputer sudah bisa memastikan di mana posisi kendaraan berada, bahkan hingga mengetahui seberapa cepat sopir dalam mengemudi,” terang Alamsyah.

FL on ipad

Alamsyah juga mengklaim bahwa layanan mereka merupakan platform sistem manajemen transportasi pertama di Indonesia yang menerima koneksi dari berbagai merek GPS tracker dengan layanan pelanggan yang tersedia 24 jam.

Saat ini telah bekerja sama dengan Pemprov DKI untuk monitoring truk sampah

Sejauh ini capaian dari platform Fox Logger adalah berhasil bekerja sama dengan Pemprov DKI. Foxlogger. Sistemnya berhasil menjawab kebutuhan Pemprov DKI atas alat monitoring truk sampah yang dimiliki Jakarta.

“Sistem yang kami miliki dapat dengan mudahnya dikoneksikan ke sistem smart city yang ada di kota manapun. Oleh karena pertimbangan itulah kami bisa dipinang oleh tim Pemprov DKI Jakarta. Setidaknya sekarang kami sudah memiliki pengalaman yang baik mengenai manajemen kendaraan, tidak hanya kelas korporasi tapi juga sekelas provinsi”, terang Alamsyah.

Selain Pemprov DKI, FoxLogger juga telah menjalin kerja sama dengan Telkomsel selaku penyedia layanan GSM dan penyedia konektivitas yang memungkinkan armada-armada terhubung dengan sistem.

IoT menyimpan sejuta potensi di Tanah Air

Menurut Alamsyah IoT menyimpan potensi yang cukup bagus, selain tergolong bisnis yang baru, kesiapan infrastruktur yang semakin hari semakin baik bisa menjadi dasar yang kuat untuk tumbuhnya bisnis IoT di sini.

“Potensi bisnis IoT pasti masih sangat besar sekali menurut saya. Pertama adalah tren IoT, khususnya produk masal ini masih sangat tergolong baru. Kedua, kesiapan infrastruktur berupa koneksi internet salah satunya yang kian hari kian membaik dan pasar yang sudah bisa menerima produk bisnis IoT dari segi penggunaan dan pengetahuan serta keuangan. Ketiga adalah bicara soal data yang kian hari kian terlihat sebagai sebuah komoditas, kini banyak yang dijadikan sebagai dasar prediksi tren ke depannya,” papar Alamsyah.

Potensi itulah yang akhirnya menjadi salah satu alasan mengapa Alamsyah optimis Fox Logger meraih sukses. Alasan lainnya adalah adanya faktor-faktor yang menguntungkan pelanggan seperti adanya Gratis biaya Server selamanya, layanan pelanggan 24 jam dan tersebarnya jaringan pelayanan di 37 kota besar di Indonesia

Sejauh ini Fox Logger telah menangani lebih dari 5.000 armada darat. Angka tersebut diprediksi Alamsyah akan terus tumbuh seiring dengan fokus mereka saat ini yakni meningkatkan jumlah pengguna.

Untuk target, Alamsyah menargetkan di akhir tahun ini dekat Fox Logger bisa mencapai angka 10.000 pelanggan. Sedangkan untuk jangka panjangnya Alamsyah berambisi untuk menjadi platform sistem manajemen transportasi nomor satu di Asia.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.