24 February 2015

by Puja pramudya

Mengenal Jenis Ukuran Live Tile di Windows 10 untuk Ponsel

Sudah beberapa waktu lalu sistem operasi Windows 10 versi technical preview telah dapat dicoba. Ini adalah versi awal dari sistem operasi terbaru Microsoft yang sedang disiapkan sebelum akan dirilis untuk umum. 

Dari tampilan yang ada, saya menyadari akan adanya ketersediaan dua ukuran baru yang dapat digunakan untuk Live Tile pada Windows 10 untu ponsel ini dan menjadi tambahan atas kombinasi ukuran yang telah ada sebelumnya.

Dengan hadirnya ukuran baru ini maka terdapat total 5 jenis tile yang dapat digunakan pengguna perangkat ponsel berbasis Windows 10. Untuk mencoba ukuran tile ini pada Windows 10 for Phone, lakukan perubahan ukuran dengan tekan-dan-tahan pada tile lalu tekan tombol resize.

Jika aplikasi mendukung ukuran baru, maka ketika kita menekan tombol resize setelah ukuran paling kecil, tile akan berubah menjadi ukuran kotak paling besar, menjadi ukuran lebar dan akhirnya bentuk baru yaitu tile yang bersifat portrait.

Untuk lebih jelas, berikut beberapa jenis tile yang tersedia di technical preview Windows 10 untuk ponsel. Sebagai catatan, saat mencoba, bentuk ukuran baru ini baru tersedia untuk tampilan tile aplikasi People.

Small Tile

Ini adalah ukuran terkecil. Berbentuk kotak dan biasanya yang dapat ditampilkan hanyalah icon dari aplikasi dan informasi counter untuk yang menunjukkan suatu jumlah sesuai dengan konten aplikasi. Misalnya lihat pada aplikasi People (bagian atas kiri ikon setelah logo pesan), angka menunjukkan jumlah pesan yang belum dibaca

 

Info menarik: Inilah Tampilan Windows 10 untuk Ponsel

Medium Tile

Ini adalah ukuran berikutnya, berukuran 2 kali lipat dari small tile. Pada tile ini dapat ditampilkan nama aplikasi, icon dan informasi counter (lihat tile aplikasi Facebook).

Large Tile

Ini adalah ukuran ketiga yang ada sejak dikenalkannya Windows Phone 8. Wide tile dapat dianggap sebagai gabungan medium tile yang disusun secara horizontal. Pada tile ini informasi yang ditampilkan adalah keterangan info (biasanya hingga 2 baris), icon dan informasi counter (lihat tile aplikasi Facebook. )

ExtraLarge Tile

Ini adalah ukuran baru yang tersedia di Windows 10 for Phone. Ukurannya adalah 4 kali lipat dari ukuran small tile. Informasi yang dapat ditampilkan serupa dengan ukuran wide tile (lihat tile aplikasi Facebook)

Portrait Tile

Ini juga adalah ukuran baru yang tersedia di Windows 10 for Phone. Bentuknya seperti dua medium tile yang disusun secara vertikal (lihat tile aplikasi Facebook).

 

Dari sisi pengembangan aplikasi, biasanya untuk memenuhi ukuran small, medium dan wide ini kita harus menyediakan berkas gambar berukuran masing-masing 159 x 159 px, 336 x 336 px, dan 691 x 336 px.

Belum jelas tipe-tipe ukuran yang harus disediakan untuk tipe tile baru ini karena perangkat pengembangan software untuk Windows 10 for Phone hingga hari ini belum pernah dibahas sama sekali oleh Microsoft. Untuk yang ingin mencoba, satu-satunya aplikasi yang sudah mendukung 5 tipe ukuran ini adalah aplikasi People.