19 December 2013

by Yoga Wisesa

Menggaet 3 Juta Pengguna PC Faster di Indonesia, Baidu Terus Maksimalkan Layanan Mereka

Memulai bisnisnya di ranah industri internet semenjak kurang lebih 14 tahun yang lalu, Baidu kini menjadi salah satu raksasa yang paling disegani dari negeri timur. Dengan layanan search engine miliknya, Baidu menyediakan index sebanyak 740 juta laman, 80 juta gambar dan 10 juta file multimedia.

Dengan kesuksesan ini, Baidu tidak mudah berpuas diri. Mereka sudah menjadi perusahaan internet nomer satu dari Negeri Tirai Bambu, namun mereka harus membutktikan bahwa mereka dapat berprestasi di kancah persaingan internasional. Baidu mencoba keluar dari zona nyaman mereka dan meracik dua buah software yang cukup esensial di dunia komputer. Akhirnya sekitar satu setengah tahun lalu Baidu merilis sebuah aplikasi PC optimizer bernama PC Faster, dan tidak lama berselang, Baidu Antivirus meluncur di awal 2013.

Dengan strategi pemasaran yang bisa dibilang sangat unik, baik PC Faster dan Baidu Antivirus terbukti sangat laris terlepas dari umur mereka yang tergolong muda. Terhitung lebih dari 39 juta orang menggunakan kedua layanan ini dari seluruh dunia, dengan tiga juta pengguna Baidu PC Faster berasal dari Indonesia. Jadi strategi apa yang mereka usung sehingga bisa laris manis seperti ini?

Sebelum kita membahas hal itu, kita harus tahu dulu apa itu Baidu PC Faster. Ia adalah sebuah software yang bekerja khusus untuk mengoptimalisasi PC Anda. PC Faster membantu menjaga PC pengguna agar tetap bekerja cepat, bersih dari file-file tak berguna ataupun program-program jahat dan memastikan PC aman untuk digunakan.

Aplikasi ini memiliki empat mode pembersihan dan lebih dari 300 checkpoint dalam 'mesin' optimalisasi untuk mempersingkat waktu boot, memaksimalkan penggunaan memori serta hard disk dan keseluruhan kinerja sistem operasi Windows. PC Faster terintegrasi dengan fungsi Windows Update, memiliki fitur Game Faster yang mendukung para gamer untuk menikmati hobi mereka serta dilengkapi dengan Cleaner, SpeedUp, Toolbox dan App Store eksklusif.

Bukan itu saja: walaupun Baidu telah memiliki produk antivirus sendiri, PC Faster juga disempurnakan dengan kemampuan scan virus built-in dan fitur proteksi browser - apapun yang Anda gunakan. Hal ini ternyata sangat esensial di nusantara, karena menurut laporan State of Internet pada kwartal dua 2013 oleh Akamai Techologies, Indonesia merupakan negara peringkat nomor satu yang paling beresiko terkena serangan malware.

Hebatnya, semua ini disajikan secara gratis. Sang Managing Director, Bob Bao, menegaskan bahwa PC Faster disajikan cuma cuma tanpa ada embel-embel freemium dengan microtransaction seperti milik para rival. "No tricks," jelasnya singkat. Saya masih belum bisa mendapatkan jawaban dari mana mereka akan mendapatkan keuntungan. Salah seorang representasi Baidu mengungkapkan pada saya bahwa saat ini mereka hanya ingin berkosentrasi meningkatkan fitur dan layanan.

Apakah masih ada celah monetisasi yang belum terpikirkan oleh kita? Atau mungkin mereka akan memanfaatkan App Store yang terintegrasi dalam layanan ini? Namun dalam presentasi mereka ini, Baidu menegaskan bahwa semua ini bisa didapatkan tanpa merogoh kantong. Apapun itu, saya tetap merasa salut pada mereka.

Bao memberikan sebuah komentar, serta visi dan misi mereka ke depan, "Kami senang mengetahui bahwa tiga juta orang di Indonesia dapat memanfaatkan produk Baidu PC Faster dan Antivirus. Baidu akan terus mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan unik para pengguna di Indonesia. Kami akan selalu berusaha memastikan bahwa semua orang memiliki akses sesuai dengan kebutuhan mereka dan mendapatkan toolย yang dapat melindungi dan mempercepat PC mereka secara cuma-cuma."

Sebenarnya Baidu PC Faster sangat mengingatkan saya pada program optimizer sejenis buatan Kingsoft, bernama PC Doctor. Mereka juga berasal dari negara yang sama dan beberapa waktu lalu saya sempat menggunakannya. Aplikasi ini sangat efektif, tapi anehnya Kingsoft tidak melanjutkan pengembangan PC Doctor dan memutuskan untuk menggabungkan fungsi PC Doctor dengan produk antivirus mereka. Mengapa Baidu juga tidak melakukan hal yang sama?

Mereka berargumen bahwa dengan memisah kedua produk - dan tidak mengusung konsep all-in-one, Baidu memastikan kedua software ini berjalan sangat mulus dengan kebutuhan sistem hardware yang rendah. 'Lite' adalah kata kuncinya. Bahkan fungsi registry fixer yang tergolong 'wajib' dalam app PC optimizer dibenamkan ke dalam fitur Cleaner karena Baidu ingin software ini bekerja dengan sangat simpel.

Saya akan mencoba merangkum seluruh kemampuan Baidu PC Faster dalam tiga buah kata berbeda: lengkap, praktis dan gratis. Anda bisa langsung mengunduh PC Faster dan Baidu Antivirus dengan mengunjungi laman resminya.