Categories

Tips & Trik

[Ask the Expert] Cara Mengganti Folder Default Kamera dan Problem Baterai Galaxy Note Edge

Bambang Winarso - 2 October 2015

Edisi minggu ini redaksi Ask the Expert akan menjawab tiga buah pertanyaan dari pembaca setia Trenologi. Ketiganya masih seputar smartphone Android. Ada yang ingin mengganti folder default penyimpanan kamera dan juga soal baterai di Samsung Galaxy Note Edge-nya yang rewel.

Pertanyaan Pertama

Bila akun chating (facebook, WA, BBM, LINE, dll) saya taruh ke sim 2 (tidak memerlukan data koneksi) sedangkan sim 1 tidak (perlu data koneksi) apakah akun chating saya masih bisa berjalan? Tanpa mendaftar/membeli paket internet pada sim 2 dan hanya mengandalkan sim 1 untuk koneksinya. Itu pertanyaan saya semoga saran/jawaban tim express dapat membantu saya.

Maruli

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya. Anda tidak bisa mengalokasikan koneksi untuk aplikasi tertentu saja. Koneksi data akan dipergunakan oleh semua aplikasi yang terpasang di ponsel. Kecuali aplikasi tersebut sengaja diblokir menggunakan aplikasi tertentu. Jadi, selama kartu SIM internet yang Anda pergunakan terus diisi, baik SIM 1 atau SIM 2, maka selama itu pula aplikasi akan terhubung.

Pertanyaan Kedua

Saya pengguna samsung note edge, ada pertanyaan begini, jika hp baru restart terus langsung masuk ke menu aplikasi bbm sebelum icon bbmnya muncul apakah ada masalah? Lalu, 1 lagi kenapa battere saya dalam kondisi penuh 100% tapi setelah beberapa jam tanpa pemakaian bisa tinggal 10% dan setelah saya download app save battere baru kembali hemat, padahal baterai tidak gembung. Ada kendala d imana ya tolong jawabannya ya?

Denny

Info Menarik:[Panduan Pemula] Cara Mematikan dan Menghidupkan Smartphone Android Secara Otomatis

Jawaban

Jawaban untuk pertanyaan pertama, tidak masalah Pak Denny. Kemudian soal pertanyaan kedua, saya rasa Anda bisa mengikuti langkah kalibrasi baterai berikut ini. Tetapi, perlu diketahui bahwa cara ini tidak 100% efektif dan ada resiko menyebabkan kerusakan. Jadi, jika takut sebaiknya tidak perlu diikuti. Tapi jika baterai sudah terlalu parah, tak ada salahnya sesekali mengambil resiko.

  • Biarkan ponsel mati sendiri karena kehabisan baterai.
  • Dalam kondisi ponsel mati, isi ulang baterai sampai 100%
  • Cabut charger kemudian hidupkan ponsel
  • Biarkan tergelatak selama 30 menit, jangan buka aplikasi atau game selama waktu tersebut. Setelah itu charge kembali ponsel selama satu jam. Juga jangan gunakan ponsel.
  • Cabut charger kemudian pergunakan secara normal sampai mati kehabisan baterai.
  • Isi ulang kembali dan hidupkan.

Semoga mengatasi permasalah Anda.

Pertanyaan Ketiga

Bagaimana memindahkan penyimpanan default aplikasi seperti bluetooth atau kamera dari internal menjadi external?

Kireii

Jawaban

Jawaban untuk pertanyaan saudara Kireii ini sebenarnya akan tergantung versi Android yang dipergunakan. Tapi untuk Jelly Bean ke atas yang saya tahu tidak ada pengaturan mengganti lokasi default folder Bluetooth, untuk kamera juga tergantung model smartphone dan OS Anda.

Solusinya coba cek setingan kamera Anda. Buka kamera kemudian coba cari di panel Settings. Untuk bluetooth, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti ES File Explorer atau Bluetooth File Transfer.

Sumber gambar header Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter