11 September 2014

by Meth Pralistami

Menggunakan Aplikasi OneNote untuk Menyimpan Daftar Belanja

Berbelanja bisa jadi sudah menjadi kegiatan rutin, terutama bagi Trenogoers yang 'bertugas' untuk membeli berbagai kebutuhan bulanan. Supaya tidak lupa mau berbelanja apa saja, terkadang kita suka membuat daftarnya di kertas. Tapi terkadang kita suka lupa membawa catatan tersebut, belum lagi kalau kertas catatan hilang, tak sengaja robek dan sebagainya. Wah, jadi repot deh.

Di jaman digital ini kita sudah tidak perlu lagi menyimpan catatan belanja di kertas. Sekarang kita bisa mencatat daftar belanja dengan sebuah aplikasi di smartphone Anda.

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat daftar belanja dengan Aplikasi OneNote dari Microsoft. Dengan aplikasi ini, kita bisa membuat daftar belanjaan menjadi lebih rapi dan mempermudah kita berbelanja.

 

Info menarik: 9 Cara Lumia 530 Untuk Pikat Konsumen Indonesia

 

Kelompokan barang berdasarkan kategori

  • Pilih nama kategori - lalu option - format - Bold (Batau Underline (U)

Hal ini memudahkan kita untuk mencari letak barang yang dicari di dalam supermarket/toko. Misalnya mau berbelanja bumbu-bumbu dapur, setelah itu kebutuhan bayi, lalu elektronik, jadi kita tidak perlu bolak-balik karena ada 1-2 barang yang lupa.

Gunakan fitur To Do

  • pilih nama barang-barang - option - to do

Kalau barang yang diinginkan sudah masuk ke keranjang belanja, kita tinggal klik kotak di depan nama barang, kemudian akan muncul tanda centang. Ini membantu kita untuk mengetahui barang mana yang belum dibeli dan memudahkan jikga kita ingin pergi ke toko lain untuk mencari barang yang tidak tersedia di toko sebelumnya.

Tambahkan Gambar/Foto

  • pilih option - picture ( bisa dari galeri atau kamera )

Fitur ini berguna jika kita lupa detil tentang barang yang mau kita beli dan penjaga toko tidak terlalu hafal nama barang yang kita inginkan, jadi kita bisa coba tunjuk kan saja gambar/foto barang tersebut. Biasanya orang akan lebih familiar dengan wujud barang dibandingkan nama barangnya.

Saya sendiri sangat terbantu sekali dengan aplikasi ini. Apalagi dengan fitur synchronize ke akun Microsoft, jadi kita bisa membuka catatan kita di gadget mana pun yang sudah login ke akun Microsoft kita. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Windows Phone, iOS, Android, Amazon, dan Web.

Sumber gambar header: Shop via Shutterstock.