Categories

Gadget

Mengikuti Seri A yang lain, Samsung Kini Hadirkan Galaxy A20s dan A30s

Setelah Galaxy A10s dan A50s, kini hadir Galaxy A20s dan A30s

Wiku Baskoro - 27 September 2019

Seperti yang bisa diprediksi, setelah memperkenalkan seri A yang sudah di-update untuk A10s dan A50s, kini giliran dua seri A lain yang mendapatkan update atau upgrade dari versi sebelumnya. Dua perangkat itu adalah Galaxy A20s dan Galaxy A30s.

Penambahan embel-embel ‘s’ untuk seri A ini masih tidak mengubah strategi komunikasi yang dilakukan untuk seri A, yaitu untuk generasi atau pengguna yang suka melakukan live konten. Malah dengan dirilis seri update ini, beberapa fitur bisa semakin dimanfaatkan bagi generasi live.

Tampilan belakang Galaxy A20s dan Galaxy A30s.

Samsung Galaxy A20s Harga normal Rp2.499.000 untuk versi 3GB/32GB dan Rp2.799.000 untuk versi 4GB/64BGB

Mari kita bahas dulu Galaxy A20s. Perangkat ini menghadirkan dukungan prosesor Snapdragon 450 dengan sistem operasi Android 9. Untuk RAM dan ROM-nya disediakan dua pilihan yaitu 3GB/32GB dan 4GB/64GB dengan Micro SD slot yang bisa menampung sampai 512GB. Untuk segmen menengah bawah

Kamera di perangkat ini juga semakin mendekati seri di atasnya, setidaknya dari sisi jumlah Galaxy A20s menghadirkan 3 kamera belakang dan 1 kamera depan. Spesifikasinya 13MP (F1.8), 8MP (F2.2) dan 5MP (F2.2) untuk kamera belakang. Masing-masing berfungsi sebagai kamera utama, wide dan depth camera. Untuk kamera depan ada 8MP (F2.0).

Kelengkapan di Galaxy A20s.

Untuk baterai ada 4000 mAh dengan koneksi USB Type-C, sedangkan fitur keamanan ada fingerprint yang terletak di bagian belakang ponsel serta face recognition. Layar Galaxy A20s menghadirkan 6.5 inci HD+ (720×1520) PLS, kamera depan ada di notch dengan model Infinity V.

Lalu apa keunggulan yang ingin ditawarkan Samsung dengan update seri A20s ini? Setidaknya ada 3. Yang pertama adalah triple camera dan fitur live focus. Seri A20 sebelumnya hanya punya dua kamera, kini dihadirkan 3 kamera. Yang paling penting menurut saya adalah tersedianya fitur Live Focus yang memungkinkan pengguna seri A20s menikmati fitur yang ada di kamera seri atasnya. Live Focus memungkinkan pengguna mengambil efek-efek tertentu yang langsung didapatkan dari aplikasi kamera bawaan.

Tampilan belakang Galaxy A20s.

Yang kedua adalah audio Dolby Atmos untuk memberikan pengalaman hiburan yang lebih baik. Untuk keunggulan ketiga adalah menyediakan dua pilihan kapasitas penyimpanan, 3GB/32Gb dan 4GB/64GB sebelumnya hanya satu pilihan saja.

 

Samsung Galaxy A30s Harga normal Rp3.299.000 untuk versi 4GB/64GB

Sekarang mari kita bahas Galaxy A30s. Spesifikasi pertama yang kita bahas adalah dukungan prosesor Exynos 7904 dengan sistem operasi Android 9. Untuk RAM dan ROM-nya disediakan satu pilihan saja yaitu 4GB/64GB dengan Micro SD slot yang bisa menampung sampai 512GB. Untuk segmen menengah bawah

Kamera di perangkat ini juga ditingkatkan, setidaknya dari jumlah, ada 3 kamera belakang dan 1 kamera depan. Spesifikasinya 25MP (F1.7), 5MP (F2.2) dan 8MP (F2.2) untuk kamera belakang. Masing-masing berfungsi sebagai kamera utama, wide dan depth camera. Untuk kamera depan ada 16MP (F2.0), sama seperti seri A30 sebelumnya.

Kelengkapan kotak Galaxy A30s.

Untuk baterai ada 4000 mAh dengan koneksi USB Type-C, sedangkan fitur keamanan ada fingerprint yang kini terletak di bagian layar depan alias on screen fingerprint dengan tambahan face recognition. Layar Galaxy A20s menghadirkan 6.4 inci HD+ (720×1520) Super Amoled, kamera depan ada di notch dengan model Infinity V. Untuk display sebenarnya turun dari seri A30 sebelumnya, namun kini Anda bisa menikmati fingerprintdi layar a la seri kelas atas Galaxy.

Sekarang mari kita bahas keunggulan apa yang dingin ditawarkan Samsung dengan update seri A30s ini. Yang pertama adalah triple camera yang kini menghiasi bagian belakang ponsel. Tambahan kamera ini juga memungkinkan menghadirkan fitur live focus untuk efek menarik dari aplikasi kamera secara langsung. Yang menyenangkan juga adalah kamera depan sudah bisa melakukan live focus untuk video.

Keunggulan kedua adalah AI Gaming Booster untuk para gamers. Jadi ponsel bisa mengenali tipe game yang sedang dimainkan lalu mengoptimalkan performa. Juga akan mempelajari pola penggunaan pengguna untuk mengoptimalkan pemakaian baterai, suhu dan memori.

Bagian belakang Galaxy A30s, difoto dengan fitur live focus dari Galaxy Note 10+.

Yang ketiga adalah tersedianya NFC dan on screen fingerprint. NFC sekarang jadi sorotan, biasanya tersedia di ponsel menengah atas dan flagship, kini permintaan untuk kamera menengah dengan fasilitas ini semakin ramai diperbincangkan. Penggunaan sarana komuter di kota besar, misalnya Jakarta, serta pembayaran jalan tol yang kini pengisian kartunya semakin dimudahkan lewat toko online seperti Tokopedia, Blibli dan Bukalapak menjadikan fitur NFC jadi fitur yang sering ditanyakan ketika ada peluncuran smartphone terbaru. Nah A30s mengikuti update A50s yang kini telah menyediakan fitur NFC. Untuk fingerprint, seperti yang dijelaskan di atas, kini pengguna bisa menikmati tampilan belakang yang polos karena fingerprint-nya sudah bisa dinikmati di layar depan.

Tampilan depan Galaxy A20s dan Galaxy A30s.

Samsung sendiri tetap mengemas seri A ini, baik yang A20s atau A30s dengan jargon live yang ditujukan untuk generasi live. Sesuai dengan strategi marketing mereka untuk seri ini yaitu A for Live.

Tampilan belakang Galaxy A20s dan Galaxy A30s, nampak perbedaan antara efek prism dan tanpa efek prism untuk tampilan belakang dua perangkat.

Untuk warna disediakan 3 pilihan yaitu hijau, merah dan hitam untuk A20s. Untuk A30s ada warna prism crush black, prism crush white dan prism crush green. Informasi penjualan termasuk promosi cashback (sampai dengan tanggal 28 September) bisa dilihat di Galaxyaseries.com.

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter