Industri startup diprediksikan akan diramaikan dengan teknologi chatbot. Tidak hanya sekedar inovasi yang menghemat biaya, chatbot juga banyak digunakan untuk memberikan pengalaman pengguna yang berbeda dari yang biasanya. Jika Anda sedang mengembangkan chatbot untuk keperluan bisnis atau startup, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkanchatbot Anda.

Gunakan chatbot platform

Perkembangan teknologi sekarang memberikan kemudahan orang-orang untuk berkreasi. Dalam hal chatbot, bagi Anda yang tidak memiliki waktu atau sumber daya untuk membuat chatbot dari awal bisa memanfaatkan platform chatbot yang sekarang banyak bermunculan. Sebut saja Chatfuel, Facebook Messanger Platform, LINE Bot, dan lain sebagainya. Hadirnya layanan-layanan tersebut bisa memangkas waktu pengembangan sehingga Anda bisa fokus pada layanan yang akan bot Anda berikan.

Perjelas tujuan dan ekspektasi

Serupa dengan bisnis lainnya pengembangan chatbot harus jelas. Mulai dari seperti apa chatbot yang ingin dikembangkan, masalah apa yang ingin diselesaikan, lengkap dengan ekspektasi seperti apa chatbot yang akan dikembangkan. Hal tersebut berguna sebagai roadmap pengembangan chatbot ke depannya.

Pakai nama yang unik

Salah satu poin penting agar meningkatkan ketertarikan pengguna menggunakan layanan chatbot adalah nama yang unik. Bisa nama karakter atau nama orang. Untuk lebih mendekatkan dengan pengguna.

Buat flow percakapan yang natural

Hal yang satu ini ada kaitannya dengan pemilihan nama. Semakin natural atau manusiawi pemilihan nama, percakapan akan lebih terasa natural. Sementara itu untuk melengkapi chatbot agar lebih powerfull penggunaan teknologi machine learning dan pemrosesan bahasa natural (NLP) sangat dianjurkan. Selain itu menjadi salah satu teknologi inti dari pengembangan chatbot teknologi-teknologi tersebut menjadi kunci bagaimana menjadikan bot menjadi alami.

Cari tahu data yang ingin dipakai

Sejalan dengan tujuan dan ekspektasi penentuan data yang ingin dipakai dalam chatbot juga penting. Misalnya chatbot pemesanan tiket, kebutuhan data harus dirancang. Misalnya butuh nama, alamat, nomor kartu kredit dan lainnya. Kebutuhan-kebutuhan data ini harus disiapkan untuk meminimalkan data yang tidak terpakai atau data yang mubazir.

Mulai dari yang kecil dan sederhana

Jika Anda saat ini baru masuk tahapan untuk memulai tidak ada salahnya untuk melangkah dari hal-hal yang sederhana. Membangun chatbot membutuhkan proses. Butuh pengujian dan masukan dari pengguna awal. Mulai lah dari hal-hal kecil dan sederhana yang bisa dilakukan chatbot. Jika Anda konsisten, chatbot akan berkembang, seiring dengan bagaimana Anda memperlakukannya.

Evaluasi dan optimasi bot secara berkala

Untuk bisa menjaga pengembangan chatbot Anda sesuai jalur pastikan Anda melakukan evaluasi secara berkala. Pengujian teknis dan pengujian pengguna menjadi dua titik yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan chatbot Anda. Selain itu optimasi dari segi kecepatan akses dan pemahaman terhadap apa yang disampaikan pengguna perlu terus ditingkatkan.

Pantau kompetitor

Industri chatbot yang baru berkembang memungkinkan munculnya banyak pesaing. Untuk bisa sukses dalam industri Anda perlu memantau bagaimana perkembangan dan kelebihan pesaing Anda. Belajar dari mereka dan buat sesuatu yang baru untuk bisa terus berada di jalur persaingan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.