1. Entrepreneur

10 Teknik Mengoptimalkan SEO Local untuk Bisnis Anda

Optimalkan semua fitur untuk mendapatkan hasil yang optimal

Local SEO adalah strategi yang bisa membuat bisnis Anda menjadi primadona dan bintang di lokasi sekitar Anda. Strategi ini sangat tepat untuk Anda yang sudah memiliki toko fisik yang bisa didatangi oleh konsumen.

Tidak harus kantor atau pertokoan, rumah Anda pun bisa dijadikan sebagai alamat. Local SEO ini juga strategi yang cukup menarik untuk dioptimalkan karena 78% orang yang melakukan pencarian melalui SEO lokal melakukan pembelian secara offline (luring). Cara mengoptimalkan local SEO adalah sebagai berikut.

Lengkapi Profil Google Bisnisku

 

Pada dasarnya local SEO bisa dilakukan di berbagai platform mesin pencarian. Namun, di Indonesia, 96,84% pengguna internet masih menggunakan untuk platform serach engine. Sedangkan mesin pencarian lainnya hanya menguasai kurang dari 2% pangsa pasar. Maka dari itu di sarankan untuk mengawali penerapan local SEO dengan optimasi Google Bisnisku.

Pertama-tama mari kita berkenalan dengan Google Snack Pack. Ini adalah fitur Google yang muncul ketika pengguna mencari pencarian lokal.

Jika ingin bisnis Anda muncul di kotak snack pack, Anda harus mendaftarkan dan memverifikasi bisis Anda di Google Bisnisku. Dalam Google Bisnisku ada beberapa informasi yang wajib Anda lengkapi agar lebih mudah ditemukan di pencarian lokal, yaitu lokasi, nomor telepon, kategori, atribut, jam operasional, dan foto.

Riset Keyword

Penggunaan keyword akan sangat mempengaruhi bagaimana pengguna mencari bisnis Anda. Penggunaan kata kunci atau keyword yang tepat akan membawa bisnis Anda ke peringkat atas dalam mesin pencarian. Untuk mengetahui keyword yang berpotensi mendatangkan banyak calon konsumen, Anda bisa menggunakan tools SEO seperti Google Trend dan Google Keyword Planner.

Ciptakan Konten Lokal

Ketika pasar Anda adalah orang-orang lokal, Anda juga harus menyediakan informasi yang sifatnya regional atau lokal. Misalnya Anda sedang menjalankan bisnis kafe di Bandung, Anda bisa mengeskplor konten lokal seputar Bandung, misalnya event yang sedang berlangsung, wisata menarik, fakta unik, dan sebagainya.

Anda bisa mencari tahu tren yang sedang Anda di masyarakat sekitar Anda. Kuncinya, konten harus relevan dengan kebutuhan pengguna sehingga bisnis Anda mudah ditemukan.

Optimasi on-page SEO

 

Pengoptimalan on-page SEO tujuannya adalah untuk memudahkan mesin pencari melakukan identifikasi, serta penilaian konteks konten dan relevansi website dengan keyword. On-page SEO tidak selalu mengenai judul yang menarik atau clickbait.

Anda juga bisa mengoptimalkan on-page SEO dengan penggunaan heading dan subheading di koten Anda. Google Wesbmaster Tool bisa Anda gunakan  untuk melakukan analisa dan memastikan bahwa website Anda telah diindeks dengan benar oleh Google.

Analisa Kompetitor

Menganalisa kompetitor akan membantu Anda untuk menyusun perencanaan atau strategi. Anda bisa melakukan ini dengan berkunjung ke website kompetitor dan melihat sumber dan kata kunci yang merka gunakan.

Anda bisa melakukan analisa terkiat konten yang sudah dibuat mereka, apa kelebihan dan kekurangannya, nantinya ini akan menjadi startegi yang cukup kuat untuk bisa mengungguli kompetitor.

Tingkatkan Performa Link

Link eksternal (backlink) yang mengarah ke website Anda itu penting. Semakin banyak jumlah link dari website lain ke website Anda, maka semakin banyak pula skor domain authority yang Anda kumpulkan.

Hal ini jadi baik karena akan menunjkan relevansi konten yang baik untuk pengguna sehingga berpotensi masuk dalam hasil pencarian teratas. Selain itu, link internal juga harus Anda perhatikan untuk membantu meningkatkan page authority, yakni ketika penguna menghabiskan waktu lebih lama di website.

NAP yang Konsisten

NAP terdiri dari nama, alamat, dan nomor telepon. Secara sekilas langkah ini sangat sederhana, tetapi akan sangat berpengaruh untuk memenangkan algoritma Google.

Jadi terapkan NAP ini secara konsisten di berbagai platform bisnis Anda, mulai dari Google Mu Business atau Google Bisnisku, website, hingga media sosial.

Perhatikan Ulasan Konsumen

Ulasan atau review sangat berhubungan dengan local SEO. Banyak dari kita yang ketika menemukan suatu informasi, pasti mengecek ulasannya terlebih dauhulu. Hal ini untuk memberikan rasa aman dan melihat interaksi yang dilakukan oleh bisnis dengan pelanggan. Jumlah dan keberagaman ulasan menjadi dua indikator penting yang menunjukan kredibilitas bisnis.

Pastikan website mobile-friendly

Orang-orang yang mencari sesuatu di perangkatnya dengan menggunakan local SEO kebanyakan dilakukan dengan menggunakan perangkat seluluer atau mobile.

Jika website Anda tidak mobile friendly akan ada calon konsumen yang sudah melihat website Anda, tetapi kecewa karena kesulitan mencari informasi dengan perangkat mobilenya.

Melakukan Audit Performa

SEO pada dasarnya adalah strategi yang berkelanjutan sehingga diperlukan pengecekan yang berkala untuk mengetahui apakah optimasi yang dilakukan sudah berjalan sesuai dengan harapan.

Untuk audit Anda bisa menggunakan tools pembantu Google Analytics. Anda bisa melakukan evaluasi mulai dari keakuratan informasi Google Bisnisku, peringkat website, hingga performa link yang Anda gunakan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again