1. Lifestyle

Menguak Rahasia Game Populer (dan yang Tidak Populer) di Steam

Dengan informasi survei yang Valve keluarkan secara berkala, kita bisa tahu jenis hardware dan software apa yang sedang populer saat ini. Tapi selain dari daftar 100 game favorit di Steam, kita tidak tahu seberapa banyak data penjualan dan pemain mereka, hingga saat ini: para jenius di Ars Technica berhasil menguak rahasia Steam dengan perhitungan statistik yang cukup kompleks.

Tentu Anda tidak perlu repot-repot berhitung, karena Anda bisa mengetahuinya dengan menyimak data di bawah.

Kini akhirnya kita bukan hanya bisa tahu game apa yang paling laris, paling sering dimainkan, memiliki paling banyak fans, tapi juga yang paling tidak populer hingga game yang paling cepat dilupakan. Dan tabel ini memperlihatkan kebiasaan memalukan para pengguna Steam: membeli game, namun tidak pernah memainkannya.

 

Info menarik: DLC Titanfall Pertama, Expedition, Dirilis Bulan Depan

 

Baiklah, yang pertama adalah data permainan yang paling banyak dimiliki:

Angka di atas dihitung dalam satuan jutaan. Dan seperti yang sudah bisa Anda tebak, Dota 2-lah yang menduduki podium utama. Hal menarik yang bisa kita lihat adalah Team Fortress 2: game yang dirilis tujuh tahun lalu dan akhirnya tersedia secara free-to-play hampir empat kali lebih laris dibandingkan game shooter eSport yang sering dipertandingkan: Counter-Strike: Global Offensive.

Dari 20 game di atas, hampir seluruhnya dibuat oleh Valve sendiri kecuali Skyrim dan Civilization V. Grafis kedua mengupas info tersebut lebih dalam lagi. Dari sini Anda bisa melihat banyak sekali game yang sudah dibeli, namun jarang dimainkan.

Seperti yang Anda lihat, hanya karena sebuah game teregistrasi ke banyak akun Steam, tidak berarti ia merupakan game yang populer. Ambil contohnya Lost Coast, game ini berada di posisi ketiga daftar ini, namun dihitung dari jumlah pemain, Lost Coast kalah populer dari Skyrim, CS:GO dan Civilization V. Dan mayoritas dari game yang jarang dimainkan ialah judul-judul lama dan juga add-on.

Kemudian seberapa lama pengguna Steam menghabiskan waktunya untuk menikmati permainan yang mereka miliki? Jawabannya bisa Anda lihat dari grafis di bawah.

Hampir 37 persen pengguna Steam tidak pernah memainkan permainan yang mereka miliki. Hanya sekitar satu persen dari mereka yang benar-benar menghabiskan waktu demi hobi yang dicintainya itu.

Jika melihat kepopularitasan game dari banyaknya jumlah pemain yang menikmatinya, maka daftarnya akan menjadi seperti ini:

Dengan begitu, judul-judul permainan tua dan add-on akhirnya tersingkir dari daftar 20 permainan terpopuler. Data di atas juga menunjukkan bagaimana Dota 2 membuat permainan-permainan lain tampak kecil dibandingkan dengannya, dan hanya Skyrim serta Civilization V yang masuk ke daftar 10 besar.

 

Info menarik: Planetary Annihilation, Permainan Strategi Epik Berskala Masif

 

Dan di bawah ini adalah jumlah jam yang dihabiskan dalam game, dengan satuan jutaan.

Menghitung jumlah pemain memang memberikan sedikit gambaran tentang populer atau tidaknya sebuah judul permainan, tapi tunggu dulu: melihat total jam yang dihabiskan gamer ialah cara yang jauh lebih akurat untuk mengukur hal tersebut. Dengan jumlah pemain yang sangat banyak, Dota 2 dimainkan lebih dari 3,8 miliar jam semenjak dirilis.

Lalu apakah itu berarti membuat Dota 2 menjadi permainan yang paling sering dimainkan oleh para pemiliknya? Jika melihat data di bawah, jawabannya mungkin akan mengejutkan Anda.

Ternyata, gamer Football Manager 2014-lah yang paling setia memainkan permainan yang mereka cintai. Rata-rata pemain menghabiskan waktu hampir 170 jam untuk menikmatinya. Dota 2 juga kalah tipis dari para penikmat multiplayer Call of Duty: Modern Warfare 2 yang rata-rata menghabiskan waktu 148,9 jam.

Gambar header: Kangaroopunch.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again