Salah satu pekerjaan rumah yang paling penting setelah bisnis memperkenalkan produk atau layanannya ke masyarakat umum adalah mendapatkan masukkan atau umpan balik dari setiap pengguna. Selain untuk memahami kebutuhan konsumen dan mempertahankan menjadi pelanggan setia, umpan balik juga ditujukan untuk mengetahui pola apa yang sebenarnya yang dicari dari produk kita.

Usaha-usaha seperti itu membutuhkan banyak strategi dan langkah perulangan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Peduli umpan balik apapun

Langkah pertama untuk bisa mengambil manfaat dari umpan balik tersebut adalah tidak membeda-bedakan ukuran umpan balik. Dalam hal ini kuantitas yang dihasilkan. Besar atau kecil itu adalah suara dari pelanggan. Itu artinya merupakan data yang bisa dipelajari untuk memahami mereka. Terkadang karena rasio atau ukurannya yang kecil, sering kali hal ini diabaikan dalam proses evaluasi atau pengambilan keputusan. Meremehkan sesuatu yang sebenarnya besar.

Satu hal yang perlu dihindari adalah penggunaan emosi dan bias dalam setiap pengelolaan umpan balik. Seperti halnya komentar dan lainnya, umpan balik juga belum tentu semua seperti yang diharapkan. Untuk itu penting untuk menempatkan filter bias dan emosi dalam setiap penilaian dan analisis.

Data kuantitatif dan kualitatif

Untuk mendapatkan data umpan balik yang baik dan bermanfaat usahakan untuk bisa mendapatkan data berdasarkan kualitatif dan kuantitatif. Keduanya akan memiliki peran masing-masing dalam analisis selanjutnya. Salah satu cara untuk bisa mendapatkan keduanya adalah dengan membuat open-endedsurvey, menandai keyword di setiap komentar, dan hitung kuantitas keyword tersebut. Hal tersebut bisa mengubah komentar kualitatif menjadi numeric data set untuk dijadikan analisis.

Dari semua usaha untuk mendapatkan umpan balik yang berkualitas, kuncinya ada di bagaimana memperlakukan pengguna. Menghargai mereka dan bisa mendorong mereka memberikan penilaian yang objektif tentang apa yang mereka rasakan. Umpan balik pengguna ini erat kaitannya dengan kebahagiaan pengguna. Indikasi menerima dan menolak apa yang ada di produk bisa terbaca di umpan balik ini. Sebuah jalan lain untuk lebih memahami pengguna.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.