Mengurai Fitur Unggulan Chipset Qualcomm Snapdragon 660

Mengurai Fitur Unggulan Chipset Qualcomm Snapdragon 660

Snapdragon 660 adalah yang terkuat di high-tier Snapdragon 600 series
qualcomm_snapdragon_660
qualcomm_snapdragon_660

Saat mendarat pertama kali di Indonesia, smartphone terbaru dari Vivo seri V9 menuai banyak kritik pedas dari para reviewer gadget.

Karena keputusan Vivo yang merilis V9 versi downgrade, dengan spesifikasi lebih rendah dan hanya dibekali chipset Snapdragon 450 yang terbilang ‘culun’ di kelasnya.

Tapi, saya senang Vivo mendengarkan masukan-masukan dari reviewer gadget di Tanah Air. Mereka pun merilis varian baru V9 6GB, bukan cuma besaran RAM saja yang bertambah tapi yang bikin heboh adalah penggunaan chipset Snapdragon 660.

Vivo kemudian menurunkan harga V9 standar menjadi Rp3,8 juta dari Rp4 juta. Sementara, V9 6GB dibanderol Rp4,3 juta dan harga itu sangat ‘seksi’. Lalu, apa sih spesialnya Snapdragon 660? Mari kita urai bersama.

Yang Terkuat di Kelasnya

Dirilis pada bulan Mei 2017, Snapdragon 660 merupakan chipset kelas menengah yang menawarkan performa tinggi.

Pada high-tier Snapdragon 600 series, Snapdragon 660 adalah yang terkuat di kelasnya dan mewarisi sejumlah fitur premium dari Snapdragon 800 series.

Sebut saja, CPU Kyro 260, modem X12 LTE dengan kecepatan download hingga 600 Mbps dan kecepatan upload 150 Mbps, Spectra 160 ISP, Hexagon 680 DSP, dukungan teknologi Quick Charge 4.0, Bluetooth 5.0, dual SIM dual VoLTE, dan banyak lagi.

Arsitektur CPU Kyro 260

qualcomm_snapdragon_660

Snapdragon 660 adalah anggota keluarga Snapdragon 600 series pertama yang menggunakan arsitektur CPU Kyro 260 dan memperoleh kemampuan dari machine learning.

CPU Kyro 260 ini terdiri dari empat inti kustom Cortex-A73 dan empat inti kustom Cortex-A53 yang bersatu dalam konfigurasi big.LITTLE dengan clock hingga 2,2GHz.

Menurut Qualcomm, Snapdragon 660 merupakan penerus dari Snapdragon 653. CPU Kryo 260 memiliki kinerja hingga 20 persen lebih tinggi dari pendahulunya itu.

Sementara, GPU Adreno 512 lebih baik 30 persen dari Adreno 510 di Snapdragon 653 dan mendukung display beresolusi QHD (2K).

Lebih lanjut, mobile platfrom ini dibangun pada proses fabrikasi 14 nm yang efisien dan mendukung jenis RAM LPDDR4 hingga 8GB.

Spectra 160 ISP

Selain menentukan seberapa kuat performa dari sebuah smartphone, chipset juga mempengaruhi kecepatan koneksi dan kemampuan fotografi.

Fitur Spectra 160 ISP, Dual Image Sensor Processor (ISP), dan Clear Sight misalnya, di mana mampu meningkatkan kualitas hasil foto pada smartphone dual camera.

Seperti fungsi optical zoom dengan kinerja lebih halus, menyajikan foto dengan efek bokeh, autofocus lebih cepat, sistem penahan getar EIS lebih stabil, foto lebih baik dalam kondisi low light, warna lebih natural, dan banyak lagi.

Snapdragon 660 ini menawarkan dukungan untuk single kamera hingga 25-megapixel dan kamera ganda hingga 16-megapixel.

Verdict

Saat ini, Vivo V9 6GB adalah smartphone pertama di Indonesia dengan chipset Snapdragon 660, bahkan sejak artikel ini ditulis masih merupakan satu-satunya.

Sekedar informasi, hasil benchmark V9 6GB di AnTuTu tembus 140 ribu poin. Performa nyatanya juga mengagumkan, sangat menyenangkan untuk aktivitas gaming.

Dalam waktu dekat, ada kemungkinan Xiaomi akan merilis Mi A2 yang juga memiliki chipset Snapdragon 660 pada tanggal 25 Juli mendatang.

Ya, chipset Snapdragon 660 tak hanya membuat smartphone menawarkan performa lebih kencang, tapi juga koneksi yang lebih cepat, dan kemampuan fotografi lebih baik.

Namun, semua itu balik lagi ke produsen smartphone. Apakah ingin mengadopsi dan memaksimalkan potensi penuh yang ditawarkan oleh Qualcomm atau tidak.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…