Categories

Listicles

Menilik Perkembangan dan Beragam Perpustakaan Online Digital di Indonesia

Selain mudah diakses kapanpun dan dimanapun, perpustakaan online digital menyediakan juga akses buku lebih beragam dibanding perpustakaan biasa.

Asti - 4 September 2021

Saat ini tidak sulit untuk mengakses berbagai informasi melalui internet. Bahkan jika Anda mencari informasi yang berkaitan tentang thesis, penelitian ataupun jurnal, Anda dapat menemukannya dengan mudah di internet. Sejak jaringan internet hadir di Indonesia, semakin banyak pula inovasi yang terjadi dan membawa banyak kemudahan dalam kehidupan banyak orang.

Namun, meskipun akses informasi yang Anda lakukan di internet terbilang mudah, Anda harus memastikan bahwa sumber informasi yang Anda dapatkan adalah sumber terpercaya dan berisi dengan fakta yang dibuktikan dengan sebuah data. Untuk memperkuat informasi yang Anda butuhkan, informasi di internet tidak akan menjadi satu-satunya sumber Anda.

Selain di internet, biasanya banyak orang akan mencari informasi lainnya dari sebuah buku baik dengan membelinya atau hanya meminjamnya di perpustakaan.

Nah, kini perpaduan internet dan perpustakaan tersebut sudah menjadi satu. Ya, hal itu disebut dengan perpustakaan online digital yang memudahkan Anda mencari buku yang Anda perlukan hanya melalui genggaman smartphone. Uniknya perpustakaan online digital menyediakan buku yang tidak tersedia di perpustakaan biasa, lho!

Apa itu Perpustakaan digital?

Perpustakaan digital adalah sebuah lingkungan materi multimedia dalam bentuk digital yang tertata, ditujukan untuk keuntungan populasi pengguna yang terstruktur, untuk memfasilitasi akses pada isi (content) dan dilengkapi dengan fasilitas untuk melakukan navigasi ke jaringan global.

Berdasarkan International Conference of Digital Library 2004, konsep Perpustakaan digital adalah sebagai perpustakaan elektronik yang informasinya didapat, disimpan, dan diperoleh kembali melalui format digital. Perpustakaan digital merupakan kelompok workstations yang saling berkaitan dan terhubung dengan jaringan (networks) berkecepatan tinggi. Sistem informasi modern kini dapat menyajikan informasi secara elektronik dan memanipulasi secara otomatis dalam kecepatan tinggi.

Perkembangan Perpustakaan Digital di Indonesia

Jaringan perpustakaan digital pertama di Indonesia mulai beroperasi pada bulan Juni 2001. Jaringan Perpustakaan Digital tersebut itu bernama Indonesia DLN (Digital Library Network). Indonesia DLN diprakarsai oleh Knowledge Management Research Group (KMRG) Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merintis pembuatan jaringan perpustakaan digital (digital library network) antar lembaga pendidikan tinggi. Jaringan pustaka digital bertujuan mempermudah kalangan akademik dan masyarakat umum untuk mengakses hasil penelitian, tugas akhir mahasiswa, tesis maupun disertasi.

Perpustakaan digital merupakan perkembangan lebih lanjut dari teknologi situs web. Pemanfaatan web browser inilah yang menyebabkan perpustakaan digital mempunyai kesamaan dengan situs web, terutama fitur- fiturnya.

Fitur - Fitur Perpustakaan Online Digital

Selain menemukan e-book, Anda bisa menemukan jurnal mengenai penelitian di perpustakaan digital. Berdasarkan PP Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, perpustakaan dibedakan ke dalam lima jenis, yaitu perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan sekolah/madrasah, perpustakaan perguruan tinggi, dan perpustakaan khusus. Adapun fitur- fitur yang tersedia dalam perpustakaan digital seperti, fitur keanggotaan, fitur pencarian, fitur link dan pranala, fitur dwi bahasa, fitur artikel, dan fitur folder dan arsip. Pengguna perpustakaan digital dapat menyesuaikan fitur sesuai dengan kebutuhan.

Contoh-contoh Perpustakaan Digital di Indonesia

Perpustakaan digital dapat diakses melalui website resminya ataupun melalui aplikasi yang bisa diunduh dari Play Store dan App Store. Berikut layanan perpustakaan digital di Indonesia yang bisa jadi pilihan Anda.

1. Perpustakaan Nasional

Sumber gambar : ipusnas.id/

Layanan perpustakaan digital yang pertama adalah Perpustakaan Nasional. Perpustakaan Nasional dapat Anda akses melalui situs resminya dan mengunduh aplikasi iPusnas melalui Play Store dan App Store. Agar bisa melanjutkan meminjam buku dan membaca buku yang Anda perlukan, Anda dapat membuat akun terlebih dahulu dan melakukan verifikasi email.

Selain meminjam buku, Anda juga dapat memberikan ulasan mengenai buku yang Anda pinjam melalui kolom yang sudah disediakan. Menariknya, pengguna dapat mengikuti profil satu sama lain.

Unduh di sini

2. Perpustakaan Kemendikbud

Sumber gambar : play.google.com

Perpustakaan digital selanjutnya adalah Perpustakaan Kemendikbud. Selain melalui situs resminya, Perpustakaan Kemendikbud juga tersedia dalam bentuk aplikasi EPerpusdikbud yang dapat diunduh melalui Play Store dan App Store. Perpustakaan Kemendikbud juga memiliki repository institusi yang dapat Anda temukan pada kategori pilihan yang tersedia.

Unduh di sini

3. Perpustakaan Bank Indonesia

Sumber gambar : bi.go.id

Selanjutnya, ada Perpustakaan Bank Indonesia. Perpustakaan ini dapat Anda akses melalui aplikasi iBI Library dengan mengunduhnya dari Play Store dan App Store. Di sini Anda akan menemukan jurnal, database, majalah, dan berita.

Unduh di sini

4. Badan Bahasa Kemendikbud

Sumber gambar : badanbahasa.kemdikbud.go.id

Terakhir, ada Badan Bahasa Kemendikbud. Di sini Anda dapat menemukan buku dari jenjang Paud sampai dengan umum dengan berbagai topik yang disediakan. Anda bisa menuliskan judul buku yang Anda cari melalui kolom yang ada pada website. Selain membaca, di sini juga tersedia konten audio yang dapat Anda dengarkan secara langsung.

 

Nah, itu dia beberapa ulasan mengenai perpustakaan digital di Indonesia beserta dengan contohnya. Kehadiran perpustakaan digital saat ini tentunya memudahkan kita dalam mencari sumber informasi terpercaya sesuai dengan yang kita butuhkan.

Apakah kamu salah satu orang yang sudah menggunakan layanan perpustakaan digital di atas?


Disclosure : Artikel ini ditulis oleh Srikandy Indah Karina

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter