Categories

Gadget

Menilik Sepak Terjang realme di 2020 dan Rencana Mereka di 2021

Merilis 16 smartphone dan14 perangkat AIoT, apa saja yang mereka siapkan di tahun 2021?

Wiku Baskoro - 31 December 2020

Tahun 2020 adalah tahun yang berat, tidak terkecuali bagi pabrikan atau merek smartphone. Namun di tahun yang berat karena kita dihadapkan dengan pandemi dan dampak ekonomi yang dibawanya, namun brand smartphone di tanah air tetap merilis produk mereka untuk para penikmat gadget.

Adalah realme, merek smartphone yang akan kita bahas di artikel kali ini. Tahun 2020 bisa dibilang adalah tahun yang seru untuk merek ini, tidak hanya dari sisi produk smartphone tetapi juga perangkat lainnya yang mereka luncurkan termasuk strategi mereka untuk masuk ke ranah AIoT.

Setidaknya DailySocial Gadget mencatat ada berbagai produk seri C yang realme luncurkan di tahun 2020, lalu seri angka dengan rilis terakhir realme 7 dan realme 7 Pro, ada pula smartTV, TWS dan tentu saja seri paling tinggi mereka yang adalah seri X. Tidak lupa ada seri Narzo yang cukup mencuri perhatian adalah realme Narzo yang menyasar penguna online karena hanya dijual online saja.

Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia di artikel ini akan bercerita cukup panjang lebar tentang apa yang telah realme lakukan selama tahun 2020, dan kita juga akan melihat bocoran tentang rencana realme di tahun 2021.

Untuk pertama, mari kita bahas tentang perjalanan singkat realme di tahun 2020, Palson menceritakan bahwa meski tahun 2020 adalah tahun yang berat namun sebagai merek favorit anak muda, realme cukup menyadari kondisi yang terjadi terutama dari minat beli. Tetapi di akhir tahun 2020 berita tentang vaksin mulai terdengar dan realme pun ikut serta menyelaraskan dengan kampanye branding mereka. Membagikan pesan “The Best is Coming” untuk senantiasa memiliki mindset positif dan selalu mengharapkan yang terbaik.

Lebih detail tentang bagaimana realme menghadapi tahun berat di 2020, Palson menjelaskan seperti berikut:

  • Secara cepat menyesuaikan kebiasaan baru pelanggan, yaitu berbelanja secara online dengan mengoptimalkan e-commerce, layanan belanja dari WhatsApp dan callme Service untuk memperbaiki unit realme yang rusak dari rumah
  • Secara cepat menyesuaikan strategi pemasaran dengan melakukan peluncuran produk secara online dan menyesuaikan materi pemasaran yang berfokus pada visual sehingga mudah menarik perhatian
  • Tetap menawarkan produk trendsetting technology dan trendsetting design dengan harga terbaik di setiap segmen. Di tahun 2020, realme berhasil menghadirkan 65W SuperDart Charge di kisaran harga Rp 3 jutaan, merupakan langkah berani di tengah kondisi saat ini yang cukup menantang.
  • Terkait acara tahunan bersama para penggemar, kami dengan cepat menyelenggarakan #realmeVirtualFanFest 2020 di Zoom beralih dari yang sebelumnya secara offline.

Selain itu realme juga berhasil mempertahankan posisi sebagai Top 5 smartphone brand di Indonesia dengan pangsa pasar 14% di tengah kondisi yang tidak menentu. Rules yang mereka terapkan untuk tetap berkembang adalah sebagai berikut:

  • Produk. Kami menghadirkan berbagai produk baik perangkat smartphone maupun AIoT yang selaras dengan filosofi produk kami, yakni trendsetting technology dan trendsetting design, serta mengikuti beberapa saran lainnya dari realme Fans. Karena sebelum meluncurkan suatu produk, biasanya kami melakukan penelitian dengan melibatkan penggemar tentang spesifikasi apa yang mereka harapkan pada smartphone realme mendatang dan kami berusaha mewujudkannya.
  • Harga. Produk-produk dengan trendsetting technology dan trendsetting design tersebut kami rumuskan sedemikian rupa untuk mencapai harga yang paling terjangkau bagi anak muda di Indonesia.
  • Promosi. Untuk menunjang harga, kami mengadakan banyak sekali kampanye seperti realme untuk Pelajar guna memfasilitasi belajar dari rumah, realme Carnival untuk menyambut festival belanja online, realme Crazy Flash Sale setiap hari selasa di website realme.com/id.
  • Tempat. Kami memperluas saluran penjualan secara online dan offline. Secara online, realme official store ada di hampir semua platform e-commerce seperti Shopee, Lazada, Blibli, Akulaku dan Tokopedia. Sedangkan secara offline kami mengelola 15 gerai eksklusif realme dan 1700 point of sales di seluruh Indonesia dan kami menargetkan memiliki 100 gerai eksklusif di tahun 2021.

Selama tahun 2020, realme sendiri telah merilis 16 smartphone serta 14 perangkat AIoT. Ini disebutkan sesuai dengan rencana. 16 smartphone yang dirilis berasal dari empat segmen produk antara lain:

  • C Series merupakan Entry-level King dengan baterai besar, memori lega, dan layar lebar dan menjadi produk paling populer karena harganya yang terjangkau, namun tetap dilengkapi dengan trendsetting technology di segmennya
  • narzo Series yang berfokus pada smartphone hiburan dan penjualan secaran online yang menargetkan pengguna smartphone yang lebih muda dengan performa cepat dan fitur hiburan yang baik seperti kamera, kualitas suara, tampilan layar yang nyaman, serta trendsetting design
  • Number Series merupakan yang produk terpopuler dengan trendsetting technology dan trendsetting design serta harga yang kompetitif sebagai produk andalannya anak muda
  • X Series adalah flagship andalan kami dengan menghadirkan semua yang terbaik di dalamnya, seperti chipset, pengisian cepat, kamera, tampilan layar, fitur, dan trendsetting design

Di tahun 2020 realme juta memasuki era AIoT, cukup agresif untuk mengenalkan berbagai produk AIoT, mulai dari smart audio, smart wearable hingga smart TV. Realme menjelaskan bahwa apa yang mereka jalankan di tahun 2020 (dari sisi AIoT) adalah 3 dari 4 tahapan strategi produk AIoT yang akan mereka jalankan, (1 + 4 + N) yang dijelaskan sebagai berikut:

  • 1 Core/Inti: Bagi kami, smartphone selalu menjadi inti dari seluruh portofolio produk kami dan akan menjadi pusat utama ekosistem AIoT realme. Jadi, semua produk AIoT kami akan terhubung dan dapat diakses oleh smartphone realme melalui Aplikasi realme Link.
  • 4 Smart Hubs: Ide ini adalah untuk membantu konsumen mengelola dan mengontrol lebih banyak produk AIoT bersama dengan smartphone. Oleh karena itu, kategori ini telah dibagi menjadi sub-kategori lainnya seperti Smart Audio, Smart Wearable, Smart TV dan Smart Speaker.
  • Smart Audio (realme Buds Air, realme Buds Air Neo, realme Buds Q, realme Buds Air Pro). realme Buds Air, merupakan produk AIoT pertama yang dibawa oleh realme ke Indonesia yang dilengkapi dengan ENC dan ditawarkan dengan harga yang menarik. Terbukti dengan rekor penjualan 10.000 unit dalam 5 menit di bulan Januari. Kemudian sebagai brand tech trendsetter, realme menghadirkan realme Buds Air Pro dengan fitur ANC seharga Rp 1 jutaan ke Indonesia. realme Buds Air Pro digemari anak muda karena teknologi ANC yang biasanya hadir di TWS mahal kini ditawarkan di segmen harga Rp 1 jutaan. Selain ANC, realme Buds Air Pro juga dibekali Transparency Mode. Jika ANC dimaksudkan agar lebih kedap terhadap suara, saat mode transparansi diaktifkan, ANC secara cerdas akan memasukkan sedikit suara sehingga pengguna tetap dapat mendengar suara di sekitarnya. Produk ini mencatatkan rekor penjualan sebagai Best-Selling Smart Audio AIoT berdasarkan GMV dan unit yang terjual pada 11.11 di Shopee
  • Smart Wearable (realme Band, realme Watch, realme Watch S). Semua perangkat pintar yang dapat digunakan dari realme ini mencakup fungsi pemantauan detak jantung dan oksigen dalam darah serta pengingat minum dan bergerak. Namun di realme Watch S, selain fungsi utamanya, bentuknya yang bulat memberikan kesan trendi, juga terdapat 16 mode olahraga untuk menemani pengguna berolahraga. realme Watch S mencatatkan rekor penjualan sebagai Best-Selling Smart Wearable AIoT pada 11.11 berdasarkan GMV dan unit yang terjual pada 11.11 di Shopee
  • Smart TV. realme Smart TV secara mengejutkan mendapat sambutan hangat dari anak muda di Indonesia berkat spesifikasi mumpuni dengan harga terbaik di segmennya. Terbukti dengan catatan rekor penjualan realme Smart TV yang terjual 1000 unit pada bulan Agustus dan hingga saat ini pelanggan masih mencari realme Smart TV.
  • Smart Speaker. Nantikan detail selengkapnya tentang kategori ini
  • Produk N AIoT: Huruf ‘N’ di sini mewakili komitmen realme untuk menghadirkan banyak produk AIoT dan gaya hidup baru bagi para penggemar kami, termasuk berbagai aksesoris mulai dari realme Smart Cam 360°, realme electric Toothbrush, realme Adventurer Backpack, realme Adventurer Luggage dan realme Power Bank 2i.

Tentunya adaptasi memang diperlukan bagi semua segmen industri di tahun 2020. Perusahaan yang berhasil melakukan strategi adaptasi tidak hanya bisa bertahan tetapi juga mampu membangun pondasi untuk tahun berikutnya. Meski menyiratkan harapan untuk membaik, tahun 2021 akan tetap menjadi tahun yang penuh tantangan. Optimisme tentu saja diperlukan, namun strategi yang tepat tentang menjadi yang utama dalam membangun merek dan menjalankan bisnis.

Setelah tahun yang cukup sukses di 2020, akan menarik untuk melihat sepak terjang realme di tahun 2021 dengan produk yang lebih menarik dan berkembang dari sebelumnya baik untuk smartphone, produk AIoT termasuk salah satu produk yang akan ditunggu penikmat gadget, smart speaker dari realme.

Mari kita tunggu berbagai produk menarik dari realme di tahun 2021.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial dan diukung oleh realme. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter