Categories

Feature

Menilik Tools dari Facebook yang Bisa Digunakan Pengembang Lokal

Mulai dari untuk pengembangan produk hingga pemasaran dan penumbuhan traksi pengguna

Randi Eka - 25 July 2016

Facebook merupakan salah satu media sosial paling laris di dunia, termasuk di Indonesia. Dengan 1,65 miliar pengguna setiap bulan, jelas saja Facebook menjadi platform yang cukup ideal untuk pengembangan bisnis. Di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 84 juta orang menggunakan Facebook, dan potensi ini yang ditawarkan kepada pengembang dan bisnis untuk dapat dijadikan salah satu strategi penguatan bisnis.

Dalam waktu dekat, Facebook juga akan menyelenggarakan "Facebook Indonesia Developer Challenge 2016", yang mengajak para pengembang lokal untuk berinovasi mengembangkan layanan digital (dalam bentuk aplikasi mobile atau website) yang terintegrasi dengan berbagai fitur dalam Facebook. Acara ini akan dimulai pada bulan Agustus mendatang, diawali dengan roadshow di berbagai kota meliputi Yogyakarta, Surabaya, Jakarta dan Bandung. (Selengkapnya dapat disimak di sini).

Untuk developer, terutama di segmentasi startup dan UMKM, Facebook menawarkan produk dan solusi yang dapat diintegrasikan dan membawa bisnis mereka melebih maju, terutama dalam menjaring konsumen. Salah satunya Facebook Login, yang sangat memudahkan pengembang untuk membuat sebuah kanal Single Sign-On untuk kebutuhan aplikasi atau layanan web. Sehingga pengguna tidak perlu lagi membuat modul untuk registrasi.

Kini Facebook Developer kian memanjakan developer dengan kategori lengkap layanan end-to-end untuk membantu produk digital menjadi lebih menjangkau konsumen. Tepatnya ada lima kategori, yaitu:

  • Build; berisi berbagai fitur pengembangan untuk mendukung fungsional registrasi di sebuah layanan aplikasi, salah satunya mempermudah pengguna untuk tidak perlu lagi membuat akun baru, melainkan cukup menggunakan akun Facebook yang dimiliki untuk masuk ke sebuah layanan digital. Produk di kategori ini meliputi Facebook Login, Account Kit, App Links dan berbagai sumber Open Source yang mendukung.
  • Growth and Engagement; memudahkan pengembang aplikasi untuk meningkatkan ekosistem pengguna dengan bantuan kanal Facebook, mulai dari alat untuk sharing hingga iklan digital. Produk di kategori ini meliputi Sharing on Facebook, Messenger Platform, Facebook App Ads, Facebook App Invites, Facebook Social Plugins, Profile Expression Kit dan Push Notifications.
  • Monteization; dapat dimanfaatkan oleh developer untuk meningkatkan revenue dengan solusi berbasis sosial. Layanan ini dikemas dalam produk Facebook Audience Network.
  • Analytics; berguna bagi developer untuk menganalisis traksi pengguna layanan. Produk di kategori ini meliputi Facebook Analytics for Apps, Sharing Insights dan Insights for Pages.
  • Verticals; memudahkan developer dengan solusi pemasaran terpadu dari Facebook. Produk di kategori ini meliputi Games with Facebook, Marketing Developers, Media Solutions dan Facebook Live API.
  • Programs; berisi serangkaian acara yang dapat diikuti oleh developer untuk pengembangan diri. Terdapat beberapa program yang dapat diikuti, seprti F8, FbStart, ThreatExchange dan Marketing API Accelerator.

Selain fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan di balik layar tersebut, memanfaatkan fungsionalitas Facebook sebagai media sosial, platform dan layanan lain kini turut diintegrasikan untuk membantu pengembang. Mulai dari Messenger, Instagram, Oculus, hingga program Internet.org untuk menjangkau kalangan pengguna internet baru di dunia.

Alat pengembangan juga turut dihadirkan untuk memudahkan developer berkarya

Perangkat lunak pendukung developer untuk mengembangkan sebuah layanan digital adalah Software Development Kit (SDK). Varian SDK yang diberikan Facebook saat ini sudah sangat lengkap untuk platform-platform populer, mulai dari iOS, Android, PHP, JavaScript dan Unity. Developer juga dimanjakan dengan berbagai tools untuk merancang dan menguji keandalan fitur Facebook yang diimplementasikan ke dalam layanannya. Termasuk Graph API Explorer, Open Graph Deubber, hingga Facebook Analytics for Apps.

Menggunakan pendekatan social-platform sebuah produk digital sangat mungkin berkembang di era masa kini, saat pengguna yang sudah makin terbiasa dan menikmati fasilitas media sosial. Terutama untuk meningkatkan traksi pengguna layanan. Karena untuk berkembang sebuah layanan perlu memiliki ekosistem pengguna yang solid sehingga tercipta product lifecycle yang produktif.

--

Artikel ini adalah kolaborasi antara Facebook dengan DailySocial dalam program Facebook Indonesia Developer Challenge 2016. Kompetisi inovasi aplikasi yang menantang pengembang lokal untuk berinovasi mengembangkan solusi berbasis social-platform. Ikuti DailySocial untuk informasi selanjutnya terkait program ini dan kunjungi laman resminya di http://fb.hacks.id.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter