Pivot atau perubahan fokus dalam bisnis memang sudah biasa terjadi. Kebanyakan perubahan tersebut disebabkan oleh kurangnya minat konsumen terhadap produk atau layanan yang sebelumnya dipasarkan sehingga menyebabkan bisnis mandek atau membuka kesempatan untuk peluang-peluang baru.

Guvera situs streaming musik asal Australia yang sudah beberapa tahun mengudara di Indonesia kini memperkenalkan konsep dan nama baru. Diperkenalkan kembali sebagai DragonFli, layanan Guvera merambah ke layanan hiburan lengkap dengan informasi brand, baik  video, fashion, penawaran produk atau playlist yang telah dikurasi.

Belum ada keterangan resmi dari Guvera mengenai perubahan nama dan transformasi layanan mereka. Perubahan dan transformasi ini bisa ditemukan di situs resmi Guvera yang di-redirect ke situs resmi DragonFli dan juga informasi mengenai aplikasi Guvera di Google Play yang sudah berganti dengan DragonFli.

Dari informasi yang terdapat di laman aplikasi Guvera di Google Play mereka akan mengubah sebagaian besar layanan mereka. Yang semula hanya layanan streaming musik sekarang dikombinasikan dengan informasi dengan brand. Lengkap dengan playlist yang direkomendasikan brand tersebut.

Transformasi dan peluang baru

Bicara mengenai layanan streaming musik di Indonesia memang tengah bergeliat. Tercatat nama-nama seperti Spotify, Joox, dan Youtube menghiasi hari-hari masyarakat Indonesia yang mulai gemar melakukan streaming untuk mendengarkan musik. Dalam laporan DailySocial berjudul “Music Listening Pattern in Indonesia” lebih dari lima puluh persen responden mengaku berniat untuk beralih ke metode streaming dalam mendengarkan musik.

Konsep baru Guvera atau DragonFli ini terlihat lebih menekankan dalam mendekatkan pengguna dengan brand. Informasi brand yang bisa diakses oleh pengguna mengindikasikan DragonFli memiliki model bisnis iklan atau membantu mempromosikan produk dari sebuah brand tertentu. Untuk tetap mempertahankan rasa atau ciri khas Guvera yang tertinggal DragonFli tetap memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik dari playlist yang dibuat oleh brand yang ada.

Transformasi ini Guvera ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh alasan bisnis. Ada indikasi DragonFli ini merupakan layanan yang akan lebih ramah ke brand untuk membantu mereka lebih mendekat ke pengguna. Begitu juga sebaliknya.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.