Categories

Opini

Meningkatkan Kinerja, Amazon Web Services Luncurkan AWS Edge Location

Asti - 20 April 2021

Amazon Web Services, Inc. (AWS) umumkan peluncuran AWS edge networking location yang ditempatkan di Jakarta, Indonesia. Edge location yang masih baru ini merupakan yang pertama diluncurkan di Indonesia, yang dimana menyediakan keterhubungan andal dan aman ke jaringan AWS global, termasuk Amazon CloudFront dan AWS Global Accelerator. Tersedianya edge location yang terhubung dengan Amazon CloudFront dan AWS Global Accelerator ini dapat dimanfaatkan sebagai backbone jaringan AWS untuk meningkatkan kinerja aplikasi, Application Programming Interfaces (API), dan juga video. 

AWS Edge Location merupakan lokasi fisik atau Point of Presence (PoP) yang dimana memampukan penggunaan edge computing, caching, dan memiliki konektivitas ke AWS Global Network yang langsung terhubung dengan semua AWS region, availability zone dan edge location dengan koneksi private, low latency dan redundant. AWS Edge Location terkoneksi dengan semua Internet Service Provider (ISP) yang berfungsi untuk menjaga low latency dan kecepatan, serta memiliki virtual machine dan load balancer agar memaksimalkan kinerja komponen-komponennya. Selain itu, AWS Edge Location juga menerapkan beberapa fitur bawaan untuk mengurangi malicious traffic, serta memiliki perlindungan terhadap Distributed Denial of Service (DDos) dan tak lupa mengaplikasikan perlindungan pada data sensitif melalui penerapan protokol, enkripsi hingga compliance certifications yang memperkuat bangunan keamanan dengan standar tertinggi. 

Pelanggan yang menggunakan AWS Edge Location akan mendapatkan keuntungan peningkatan kinerja. Karena, dengan adanya jaringan ini, penurunan latency hingga 30 persen serta automasi yang lebih cepat dapat diperoleh sekaligus memaksimalkan layanan Amazon CloudFront yang dapat mengakselerasi konten secara statis dan dinamis. Sudah terdapat beberapa daftar industri yang telah mengalami keuntungan dari edge location ini, di antaranya adalah industri e-commerce, media & entertainment, pendidikan, gaming, media sosial, pelayanan kesehatan dan pelayanan publik lainnya. 

Pimpinan dari PT Amazon Web Services Indonesia, Gunawan Susanto, mengatakan bahwa dengan adanya layanan dari AWS Edge Location, Indonesia yang kini terhubung dengan jaringan infrastruktur AWS Global yang sudah mencakup lebih dari 225 Points of Presence akan memberikan dampak yang besar terhadap konektivitas jaringan global. Dengan demikian, peluang baru untuk mengembangkan bisnis serta layanan kepada pelanggan tidak akan terhambat dan bebas dari gangguan.

Melalui Proof of Concept (POC) Program, AWS membuka kesempatan bagi pebisnis yang ingin memulai di AWS Edge Networking Services. Program ini dibuka untuk publik dengan ketentuan mengirimkan project yang sedang dijalankan di halaman form berikut ini. Pastikan juga Anda mengikuti kegiatan webinar #StartupUntukNegeri dengan tema “Build An Amazing User Experience For Media and Gaming Industry Through Innovation”. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Selasa, 27 April 2021 melalui aplikasi Go To Webinar. Jadi, pastikan kamu mendaftarkan diri di sini dan ajak teman-teman untuk mengikuti kegiatan tersebut!

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter