Categories

Game

Menjadi Milik Microsoft, Mojang Umumkan Minecraft: Pocket Edition Untuk Windows Phone

Yoga Wisesa - 13 October 2014

Seusai pemberitahuan mendadak soal akuisisi tim pencipta Minecraft, Mojang, oleh Microsoft serta kepergian Markus ‘Notch’ Persson dan kawan-kawan, pertanyaan yang kini muncul adalah: apa langkah Microsoft selanjutnya? Belum ada gerak-gerik spesial dari sang pencipta Xbox, tapi Microsot memiliki rencana untuk membawa Minecraft ke platform mobile mereka.

Dari Twitter milik lead designer Jens 'Jeb' Bergensten, ia mengumumkan bahwa Minecraft: Pocket Edition akan tiba di Windows Phone. Berdasarkan penuturannya, Minecraft PE sudah bisa berjalan di sistem operasi tersebut, tapi Mojang masih ingin memolesnya lagi sebelum diluncurkan.

Minecraft: Pocket Edition pertama kali tersedia di Android Market untuk handset Xperia Play dalam versi alpha pada bulan Agustus 2011. Kemudian perlahan-lahan, ia dirilis di device lain termasuk iOS dua bulan setelahnya. Adaptasi ini tidak menyertakan seluruh fitur PC, dan lebih fokus pada mode creative (membuat bangunan) serta pada aspek bertahan hidup saja. Namun melalui update, Pocket Edition juga menjadi semakin lengkap seperti versi PC-nya.

Walaupun Minecraft PC mendapatkan respon sangat positif, media dan kritik profesional mengeluhkan minimnya konten dalam Pocket Edition. Saat baru diluncurkan, pemain tak bisa mengumpulkan sumber daya dan menciptakan (crafting) item, jenis balok sangat terbatas, lalu tidak ada monster yang membuat permainan lebih menantang. Untungnya, Mojang mendengarkan masukan mereka dan menyediakan konten lebih banyak via patch.

 

Info menarik: Resmi Diakuisisi Microsoft, Notch dan Kawan-Kawan Pencipta Minecraft Tinggalkan Mojang

 

Menurut analis, pembelian Mojang dan seluruh properti intelektual mereka tak serta-merta berarti Microsoft berniat menjadikan Minecraft sebagai judul eksklusif Xbox, melainkan demi membuat dasar fitur cross-patform di lini mobile. Hal ini juga konsisten dengan strategi cloud dan mobile yang pernah diungkap CEO Satya Nadella.

Terlepas dari umurnya yang lebih mudah, Minecraft: Pocket Edition berhasil menembus angka penjualan 21 juta kopi di bulan April kemarin. Versi PC berada di urutan kedua mencapai 15 juta kopi, dan versi Xbox 360 menyusul di peringkat ketiga dengan 12 juta kopi. Jika dihitung semuanya, hingga sekarang Minecraft sudah terjual hampir 54 juta kopi di semua platform.

Akuisisi Microsoft tampaknya tidak berpengaruh banyak pada platform kompetitor: ia sudah hadir di PlayStation Vita dan baru saja mendarat di PlayStation 4 awal September lalu. Untuk membeli Mojang, Microsoft tak segan-segan mengeluarkan uang US$ 2,5 miliar. Jumlah tersebut lebih dari modal Facebook saat mengakuisisi Oculus, dan lebih dari dua kali lipat pengeluaran Amazon dalam membeli Twitch.

Sumber: Gamespot. Gambar header: Google Play.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter