Salah satu tantangan terberat bagi para pegiat startup dan orang-prang yang bekerja di Industri kreatif adalah kejenuhan. Semacam ada sesuatu yang memblokir pikiran dan menyumbat ide kreatif mengalir. Namun dalam dunia psikologi juga dikenal istilah burnout. Sebuah kondisi yang diasosiasikan dengan sebuah perasaan tanpa harapan dan kesulitan melakukan pekerjaan. Akibatnya produktivitas menurun. Sifat negatif ini muncul secara perlahan, salah satu penyebabnya adalah tingginya beban kerja.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi kejenuhan dan menghindari burnout.

Apa yang Anda kerjakan?

Salah satu beban terberat menjalani kerja adalah ketidakcocokan dengan lingkungan kerja atau porsi kerja yang diberikan. Jika Anda menjalankan sebuah startup pastikan hal ini diperhatikan, menghindarkan tim-tim Anda pada beban kerja berlebih dan ketidaknyamanan bekerja. Cari tahu tanda-tanda di awal.

Pada intinya bekerja adalah soal tujuan, baik itu nilai yang ingin dicapai atau hanya sekedar mencari uang. Jika Anda seorang pekerja dan gagal menemukan alasan mengapa Anda bekerja, Anda perlu introspeksi diri. Mulai susun kembali tujuan dan visi Anda bekerja. Supaya semangat dan semangat bekerja tetap pada tempatnya.

Deteksi dari awal

Satu-satunya orang yang bisa membaca kondisi kesehatan mental Anda adalah diri Anda sendiri. Tandai tanda-tanda ketika Anda merasa tidak berdaya dan tidak mampu menyelesaikan pekerjaan. Cari tahu penyebabnya, lebih baik jika bisa dikomunikasikan dengan orang-orang terdekat. Jika Anda tipe orang yang pendiam dan tertutup, tidak ada salahnya untuk menuliskannya dalam jurnal.

Keluarkan semua beban di kepala dengan menuangkannya dalam bentuk tulisan atau cerita kepada orang-orang terdekat. Kesehatan emosi Anda berperan untuk mengantarkan hari-hari Anda lebih baik. Lebih produktif dan percaya diri.

Cari tahu ritme kerja Anda

Salah satu cara paling ampun untuk kembali menyehatkan emosi kerja, mengembalikan produktivitas, dan mengembalikan kemampuan kreatif Anda adalah ketahui cara mengatur ritme kerja. Kehidupan dan pekerjaan harus berjalan seimbang. Selain itu bergaullah dengan orang-orang dengan aura dan pemikiran positif. Ini membantu Anda untuk lepas dari emosi dan pemikiran negatif yang membuat Anda “berantakan” dalam bekerja.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.