Kebahagiaan dalam tim dipercaya bisa membawa dampak positif dalam produktivitas bisnis. Kemudian banyak cara yang ditempuh untuk  selalu menjaga kondisi bahagia ini, tak jarang diperlukan motivasi-motivasi dari pimpinan. Bisa dalam bentuk kegiatan bersama, reward atau kebijakan-kebijakan lain yang mendukung hal itu. Berikut beberapa hal yang layak dicoba untuk meningkatkan motivasi kerja tim, utamanya untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Jam kerja fleksibel dan kesempatan bekerja secara remote

Kita sepakat bahwa pekerjaan harus seimbang dengan kehidupan pribadi. Hal tersebut sangat berpengaruh pada kondisi fisik dan mental pegawai. Untuk bisa membuatnya tetap produktif dan motivasi bisa dicoba untuk memberikan jam kerja yang luwes dan kesempatan untuk bekerja remote. Kondisi sangat cocok untuk mereka yang bekerja di industri kreatif, seperti desain grafis, developer, dan lainnya.

Pekerjaan yang tidak mengharuskan hadir di kantor, pekerjaan yang bisa dikomunikasikan melalui channel internet. Biasanya dengan suasana dan jam berbeda atau bebas para pemikir kreatif akan berusaha sebaik mungkin mengerjakan pekerjaan mereka. Dengan kebijakan ini tentu diharapkan pekerja bisa tetap produktif dan bahagia dengan tetap memegang tanggung jawab yang diembannya.

Membuat suasana kantor yang ramah binatang peliharaan

Tips yang satu ini mungkin hanya bisa diadopsi oleh bisnis yang memiliki konsep home office, biasanya startup. Idenya adalah memberikan suasana rumah dan memberikan kenyamanan mereka dalam bekerja. Tidak ada salahnya untuk mendesain kantor yang ramah dengan binatang peliharaan. Membebaskan setiap anggota tim untuk membawa peliharaannya.

Alasannya, kebanyakan orang memelihara binatang peliharaan sebagai teman bermain, sebagai media untuk santai dan melepaskan penat setelah seharian bekerja. Dengan mengizinkan para karyawan membawa binatang peliharaan di kantor diharapkan mampu menekan tingkat stres mereka, minimal ada cara untuk stres released yang disiapkan. Mungkin akan sulit jika salah satu anggota tim memiliki phobia atau ketakutan terhadap binatang.

Menyediakan ruang untuk bermain

Pekerja-pekerja kreatif biasanya membutuhkan pikiran yang fresh dan terbebas dari stres. Salah satu untuk bisa mengurangi hal tersebut di kantor bisa dilakukan dengan menyediakan sebuah ruangan khusus untuk bermain game. Entah itu olah raga ringan seperti ping pong, atau permainan konsole. Tips ini sudah banyak diadopsi oleh startup-startup di Indonesia. Tengok saja liputan DS Tour khas DailySocial. Di sana bisa dilihat banyak startup yang mulai mengimplentasikan hal ini.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.