12 March 2019

by Lukman Azis

Menjajal Kemampuan Kamera Belakang 48-Megapixel OPPO F11 Pro

OPPO F11 Pro ini mengusung tagline ‘portrait memukau dalam gelap’

OPPO bentar lagi bakal merilis smartphone seri F terbaru mereka di Indonesia pada tanggal 13 Maret 2019 mendatang. Penerus dari OPPO F9 ini disebut OPPO F11 Pro.

Perangkat ini punya kamera depan 16-megapixel (f/2.0, 1/3.1", 1.0µm) yang tersembunyi di body F11 Pro dengan mekanisme pop-up yang akan muncul saat dibutuhkan. Jadi, mari ucapkan selamat tinggal kepada notch.

Smartphone seri F terbaru kali ini yang spesial bukan hanya kamera depannya saja, melainkan kamera belakangnya yang punya konfigurasi dual-camera. Meski hanya mengusung dua kamera saja, namun sensor kamera utamanya memiliki resolusi setinggi 48-megapixel (f/1.8, 1/2", 0.8µm, PDAF) dan kamera sekundernya 5-megapixel (f/2.4, 1/5", 1.12µm).

Resolusi tinggi tersebut pastinya mampu menghasilkan foto yang sangat detail. Tetapi pastikan Anda memilih photo ratio ke 4:3 48-megapixel Ultra HD di pengaturan kamera F11 Pro sebelum memotret.

Tentunya Anda tahu, cahaya adalah penentu kualitas foto dan kebanyakan smartphone biasanya tidak bisa berbuat banyak di kondisi pencahayaan minim atau kurang ideal. Namun, F11 Pro justru mengusung tagline 'portrait memukau dalam gelap', OPPO pun sangat percaya diri akan kemampuan kamera F11 Pro memotret di kondisi low light.

Kuncinya ialah aperture besar f1.8 yang mampu menangkap cahaya lebih banyak. Lalu, Ultra Night Mode yang menggunakan shutter speed rendah dan tentu saja dukungan algoritma AI.

Proses pengambilan gambarnya memang jadi lebih lama (3-5 detik), tapi bila tangan kita tetap stabil maka hasilnya cukup memuaskan, cerah dan tajam. Sebaliknya, bila saat memotret tangan tidak stabil maka hasilnya cenderung mudah blur.

OPPO juga menyertakan fitur Chroma Boost dan optical zoom sebanyak dua kali. Chroma Boost akan meningkatkan rentang dinamis, warna, dan mengurangi noise. Berikut beberapa foto hasil jepretan OPPO F11 Pro: