29 December 2021

by Wiku Baskoro

Menjelajah Tampilan Edisi Khusus Reno7 5G LoL Wild Rift

Reno7 5G LoL Wild Rift edisi khusus ini hadir dengan eksekusi yang cukup keren

Salah satu hal menarik dari edisi spesial dari perangkat smartphone bukan hanya dari sisi eksklusivitas tetapi juga adalah dari sisi eksekusinya. Nah, mindset ini yang saya terapkan ketika bertemu dengan smartphone edisi spesial Reno7 5G League of Legends Wild Rift dari OPPO

Perangkat ini tidak dijual resmi di Indonesia, saya cukup beruntung diundang teman saya untuk menjelajah bersama tokoh Jinx yang hadir di smartphone Reno7 5G dari OPPO ini. Base perangkat dari perangkat adalah OPPO Reno7 versi 5G dengan spesifikasi yang cukup tinggi di kelasnya, salah satunya adalah penggunaan prosesor Dimensity 1200 Max 5G milik Mediatek untuk pengalaman mulus penggunaan. 

Tapi sejujurnya, karena waktu yang cukup singkat, saya akan lebih membahas dari sisi desain dan bagaimana perangkat ini cukup memberikan standar tertentu untuk kolaborasi atau edisi spesial dari sebuah perangkat terutama smartphone. 

Salah satu yang menarik perhatian saya pertama kali atas perangkat ini adalah bagian tulisan League of Legends yang tertera di bagian pinggir perangkat. Entah kenapa tampilan teks berwarna biru terang dan mengkilap ketika terkena cahaya ini menjadi magnet awal dari ketertarikan pada perangkat ini. 

Namun ketika melihat secara lebih mendalam akan Reno7 5G edisi spesial LoL Wild Rift ini saya malah menemukan beberapa detail lain yang menambah menarik lagi. Misalnya saja sim card ejector yang tampil dalam bentuk peluru mungil yang juga bisa menjadi kalung. 

Secara general, smartphone Reno7 5G LoL Wild Rift hadir dalam ‘boks’ yang berbentuk roket peluru canon khas yang merepresentasikan roket dari senjata yang dibawa Jinx. Bahan pembungkus utama ini dari plastik namun terasa tebal dan cukup premium. OPPO juga melengkapi ‘roket plastik’ ini dengan tapi sehingga bisa di-slempangkan layaknya tas. 

Roket ini bagian bawah atau belakangnya bisa diputar dan di dalamnya akan ada ruang penyimpanan yang menyimpan smartphone serta beberapa kelengkapan lain seperti charger dan kabel, casing dan kelengkapan lain termasuk sim card ejector berbentuk selongsong peluru. 

Dalam ruang untuk menyimpan perangkat kita juga akan menikmati berbagai detail yang dihadirkan OPPO di edisi spesial ini, termasuk emboss logo OPPO dan logo League of Legends Wild Rift. 

Dari berbagai bungkus yang dihadirkan OPPO ini saja nuansa edisi spesialnya cukup kentara, beberapa detail lain juga tampil di desain smartphone-nya. Tentu saja yang paling terlihat adalah bagian belakang perangkat. Bukan hanya seperti tempelan stiker atau skin saja, namun integrasi elemen-elemen LoL dan karakter Jinx menyerap cukup mendalam di body perangkat. 

Kita bisa melihat elemen warna yang cerah khas Jinx, perpaduan biru kehijauan serta pink yang hadir di bagian kiri dan kanan secara berbeda di masing-masing sisi, lalu logo LoL dengan huruf L di bagian tengah dengan beberapa elemen garis yang melengkapi sampai dengan bahan doff yang kalau terkena cahaya tampil lebih menarik.

Bagian area kamera juga tidak luput dari kustomisasi yang menarik, tidak hanya elemen warna tetapi juga ada tambahan elemen lampu di bagian bawah areka rumah kamera yang bisa menyala dengan warna yang juga menyatu dengan warna-warna perangkat lainya. 

Di bagian pinggir, ada teks League of Legends seperti yang dijelaskan di awal artikel. Tampil elegan dengan warna cerah. Di bagian depan memang tidak banyak elemen desain yang tampil di bagian fisik namun, kustomisasi hadir di bagian dalam alias software atau skin. Tampilan wallpaper, ikon, menu dan berbagai tampilan lain yang berhubungan dengan UI sudah diubah selaras dengan tema Jinx serta LoL Wild Rift. 

Bagian desain lain yang juga mendapatkan sentuhan Jinx adalah casing. Casing hard plastik dengan finishing doff yang di bagian belakang terdapat tulisan nama Jinx. Casing ini hanya membungkus bagian belakang serta bawah dan atas saja, bagian pinggir tetap terekspos jadi tulisan LoL yang beberapa kali saya sebutkan di artikel ini akan tampak dengan jelas. 

Untuk kepala charger juga tidak luput dari desain ala Jinx. Meski hanya berupa ilustrasi gambar saja tetapi bisa dibilang sudah cukup. Warna kepala charger hadir dengan warna hitam dengan ilustrasi LoL WR-nya berwarna pink.

Nah, bagian terakhir yang cukup menarik dan pay attention to detail adalah sim card ejector yang berbentuk seperti kalung. Desainnya masih menyerupai selongsong peluru, lalu jika bagian bawahnya diputar maka bisa terbuka dan disitulah lokasi sim card ejector. Detail yang cukup menarik, fungsi sim card ejector yang biasanya dipakai sekali-sekali saja malah di desain dengan cukup ciamik seperti ini. 

Spesifikasi perangkat

Seperti yang saya sebutkan di atas, untuk tulisan kali ini memang lebih berfokus pada pengalaman berinteraksi dengan desain dari perangkat bukan dari kegunaan sehari-hari. Meski demikian, di atas kertas sebenarnya perangkat ini cukup mumpuni, masuk dalam segmen premium alias di bawah flagship. 

Beberapa spesifikasi inti perangkat antara lain chipsetDimensity 1200 Max 5G dengan 12GB RAM dan 256GB ruang penyimpanan lalu baterai 4500 mAh dan kamera utama 50MP, 13MP, 64MP ultrawide dam 2MP macro camera. Salah satu kekurangan namun masih bisa diterima adalah, refresh rate perangkat ini hanya sampai 90Hz saja. Lumayanlah sudah di atas 60Hz meski belum 120Hz. 

Sudah cukup sering memang OPPO melakukan berbagai kolaborasi dengan berbagai IP lain, termasuk edisi spesial Gundam, atau edisi spesial detektif Conan yang juga memiliki boks yang super keren, atau juga ada kolaborasi OPPO dengan LoL lainnya yang merilis edisi turnamen Worlds. 

Selain refresh rate yang tidak sampai 120Hz, sebenarnya kekurangan dari perangkat ini yang paling utama adalah, tidak tersedia atau tidak dijual resmi di Indonesia.  Padahal pangsa pasar Wild Rift di Indonesia cukup berkembang, meskipun tergolong game baru. Salah satu pendukungnya adalah turnamen yang diselenggarakan cukup rutin. 

Perangkat Reno7 5G edisi spesial League of Legends Wild Rift ini dijual sekitar 628-an dollar (jika dikonversikan) dan hanya tersedia di pasar Tiongkok.