18 October 2012

by Andi Miftachul

Menjelajahi Pusat Data Google dengan Google Street View

Untuk menjaga keamanan dan privasi data yang disimpan oleh Google, pusat data (data center) mereka dijaga secara ketat. Tidak sembarang orang bisa masuk dan menjelajahi pusat data mereka. Namun, bukan berarti kita tidak bisa melihat-lihat bagaimana isi di dalamnya.

Kemarin, Google membuka pintu pusat data mereka yang berada di Lenoir, North Carolina untuk dijelajahi oleh pengguna. Melalui Google Street View, pengguna dapat menjelajahi pusat data Google ini. Mulai dari masuk melalui pintu depan, melihat isi ruang resepsionis, melihat-lihat fasilitas bagi karyawan Google yang bekerja di sana, hingga masuk ke ruangan tempat Google menyimpan ribuan servernya di pusat data tersebut.

Pengguna bahkan bisa melihat bahwa pusat data Google ternyata dijaga oleh Stromtroopers.

Selain melalui Street View, pengguna juga dapat melihat-lihat foto dari delapan pusat data Google. Foto-foto tersebut dibuat oleh fotografer Connie Zhou, dalam proyek Google "Where the Internet Lives". Delapan pusat data yang dimaksud adalah pusat data Google di Berkeley County (South Carolina), Council Bluffs (Iowa), The Dalles (Oregon), Douglas County (Georgia), Lenoir (North Carolina), Mayes County (Oklahoma), serta dua yang berada di luar Amerika Serikat, yakni di Hamina, Finlandia dan St. Gishlain, Belgia. Tiap pusat data mempunyai keunikan sendiri-sendiri yang dapat dilihat oleh pengguna melalui foto-foto yang disajikan.