30 June 2013

by wiku

Menjelang Ditutupnya Google Reader, Layanan Digg Reader Dibuka Untuk Publik

Seperti yang telah disebutkan dalam artikel Trenologi sebelumnya Digg telah membuka layanan pembaca konten mereka pada pengguna tertentu. Dan mulai kemarin, Digg telah membuka akses untuk pengguna umum untuk layanan Digg Reader.

Digg Reader merupakan salah satu pengganti layanan Google Reader yang akan ditutup besok, tanggal 1 Juli 2013. Meski banyak alternatif lain untuk layanan ‘reader’ ini namun layanan dari Digg ini ditunggu banyak pihak. Bisa jadi karena nama besar yang pernah dimilikinya atas layanan Digg, serta di sisi lain janji akan kemudahan dan fitur yang juga menarik pengguna untuk menantikan layanan ini.

Digg Reader sendiri merupakan layanan pembaca konten (RSS reader) yang memungkinkan pengguna untuk membaca konten yang berada di web atau konten dari situs tertentu dalam satu tempat. Anda bisa menambahkan alamat situs yang ingin Anda baca ke dalam Digg Reader dan menikmati tampilan minimalis serta beberapa fitur lain seperti menyimpan konten yang Anda suka untuk dibaca dalam ‘folder’ khusus.

Saat ini masih memiliki futur terbatas namun utama untuk layanan reader. Sepertinya Digg mengejar waktu sebelum tanggal ditutupnya layanan Google Reader tiba. Beberapa fitur dan fasilitas akan ditambahkan kemudian.

Dari pengumuman di blog resmi, disebutkan pula untuk akses dari perangkat mobile pengguna bisa mengunduh aplikasi Digg. Layanan Digg Reader disematkan dalam aplikasi ini. Saat ini baru versi iOS yang tersedia dan untuk Android akan hadir dalam beberapa minggu ke depan.

Untuk mencoba layanan ini Anda tinggal menuju ke tautan digg.com/reader dan ikuti petunjuk yang ada termasuk jika ingin meng-import data reader dari layanan Google Reader yang sebelumnya Anda miliki. Sedangkan versi iOS bisa diunduh lewat tautan ini.