20 February 2015

by Glenn Kaonang

Menyalin Teks dari Perangkat Android ke PC dengan Aplikasi Alt-C

Dalam beberapa tahun terakhir, kita sudah terbiasa mengumpulkan informasi tidak hanya melalui komputer saja, tetapi juga perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Saat menemukan info yang kita rasa perlu untuk disalin, seringkali kita hanya bisa mengaksesnya pada satu perangkat itu saja.

Fitur sinkronisasi antar perangkat jelas amat membantu, tetapi terkadang aplikasi seperti Evernote terasa terlalu komplet untuk dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan salinan teks yang sifatnya hanya sementara. Kita bisa saja mengirim salinan teks tersebut dalam wujud email kepada diri kita sendiri, tetapi cara tersebut saya rasa kurang begitu efisien.

Sebuah aplikasi baru untuk perangkat Android hadir guna membantu kita menjalankan tugas yang amat sepele ini. Bernama Alt-C, tugasnya amatlah sederhana, yakni mengirim salinan teks dari perangkat Android ke PC, atau sebaliknya.

Cara kerjanya juga tidak kalah simpel. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi versi desktop-nya di PC dan versi mobile-nya di Android. Kemudian sambungkan kedua perangkat menggunakan kode khusus yang tampil pada layar. Tidak ada akun khusus yang perlu dibuat untuk mulai memakai Alt-C.

Info menarik: 5 Smartphone Android Layar 5 Inci yang Dijual Rp 1 – 2 Juta-an

Untuk menyalin teks dari PC dan meneruskannya ke perangkat Android, Anda hanya perlu memilih teks yang ingin disalin lalu tekan tombol alt + c – Anda bisa mengubah kombinasi ini jika mau. Teks yang tersalin akan muncul di aplikasi Alt-C di perangkat Android – maksimum hingga 50 entry – dan siap di-paste kapan saja dan di aplikasi apa saja yang memiliki fungsi input teks.

Sebaliknya, saat ingin menyalin teks dari perangkat Android ke PC, Anda hanya perlu memilih teks dan menyalinnya seperti biasa. Kemudian di PC, Anda cukup menekan tombol alt + v – sekali lagi Anda bisa mengubah kombinasi tombolnya – dan salinan teks pun akan muncul di PC untuk Anda input ke aplikasi apa saja.

Alt-C tidak membutuhkan kedua perangkat untuk tersambung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Aplikasi ini akan terus berfungsi asalkan ada koneksi internet di perangkat Android dan PC. Satu-satunya syarat lain adalah Anda harus menggunakan akun Google yang sama di kedua perangkat.

Alt-C saat ini hanya kompatibel dengan perangkat Android dan PC berbasis Windows. Versi iOS dan Mac rencananya akan dirilis beberapa saat ke depan. Anda bisa mengunduh Alt-C secara cuma-cuma langsung melalui link berikut: Android, PC.

Sumber: Alt-C via TheNextWeb.