1. Startup

Menyiapkan Liburan Bagi Pekerja Remote

Mulai mengubah pola pikir, perencanaan dan memberikan informasi

Liburan adalah salah satu cara efektif untuk kembali menyegarkan pikiran setelah dipakai bekerja keras. Tak hanya untuk meregangkan pikiran, liburan juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencari inspirasi bagi mereka yang bekerja di industri kreatif. Namun sayangnya liburan di era digital bisa diganggu dengan banyak hal-hal, salah satunya masalah pekerjaan. Berikut beberapa tips menikmati liburan agar lebih maksimal dan tidak terganggu liburan. Termasuk bagi Anda pekerja remote.

Ubah pola pikir

Sebelum memaksimalkan liburan pastikan Anda benar-benar membutuhkan liburan. Pikirkan dahulu apakah keseimbangan kerja dan istirahat Anda cukup sebelum menjatuhkan pilihan pada liburan. Mengubah pola kerja lebih optimal untuk kembali memulihkan ritme kerja menjadi normal. Jangan terburu-buru memastikan bahwa Anda sedang butuh liburan, siapa tahu Anda cuma butuh ritme kerja yang baru.

Menyiapkan segalanya

Untuk lebih menikmati liburan alangkah baiknya semua disiapkan dari awal. Rencana perjalanan, hotel dan lain-lain. Jangan biarkan liburan Anda tidak optimal karena liburan yang tidak direncanakan. Termasuk menyiapkan cuti dan jadwal liburan. Tentukan waktu yang tepat untuk liburan, jauhkan dari tanggal-tanggal yang membutuhkan kinerja atau kehadiran Anda. Dan yang paling penting siapkan juga anggaran perjalanan Anda.

Jika Anda seorang pekerja remote Anda juga harus menyiapkan segala pekerjaan agar tidak terganggu saat Anda liburan. Jika Anda seorang pemimpin tim, siapkan apa saja yang harus dilakukan tim Anda, termasuk menyiapkan pengganti sementara Anda selama liburan.

Percaya pada tim

Selama Anda meninggalkan pekerjaan atau kantor untuk liburan usahakan buang rasa khawatir terhadap pekerjaan yang Anda tinggalkan. Percayakan itu kepada tim Anda yang ada. Dengan menanggalkan rasa khawatir tersebut Anda bisa lebih menikmati liburan.

Beri notifikasi

Untuk kembali “mengamankan” liburan Anda pastikan menginformasikan kondisi Anda yang sendang liburan dengan klien atau tim yang lain. Baik berupa balasan email otomatis, status di Slack, dan lain sebagainya. Segera buat jadwal baru untuk menyelesaikan agenda yang terlewat selama Anda liburan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again