26 January 2015

by Glenn Kaonang

Menyulap Perangkat iOS Lawas Menjadi Kamera CCTV dengan Aplikasi Manything

Wahai pemilik iPhone 5S atau iPhone 6, apa yang Anda lakukan terhadap iPhone 4 Anda yang tidak terpakai? Menjualnya? Menyimpannya di dalam lemari? Menjadikannya sebagai frisbee untuk anjing Anda? Ada banyak yang bisa dilakukan, mulai dari yang bijaksana hingga yang benar-benar konyol seperti ide tentang frisbee tadi.

Salah satu perilaku bijaksana yang umum dilakukan adalah menjadikannya sebagai bingkai foto digital. Tidak hanya terbatas pada iPhone 4 saja, tetapi juga semua perangkat iOS yang memang sudah tidak terpakai lagi. Namun apakah opsi Anda hanya terbatas pada bingkai foto digital saja?

Tidak. Selama perangkat iOS tersebut dilengkapi dengan kamera, Anda bisa menyulapnya menjadi sebuah kamera CCTV menggunakan aplikasi bernama Manything.

Yang perlu Anda lakukan cukup simpel. Unduh aplikasi Manything di perangkat iOS lawas yang dituju, letakkan di atas tripod atau docking charger, tempatkan di lokasi yang ingin dimonitor, dan mulailah merekam.

 

Info menarik: The LEGO Movie Video Game Hijrah ke Perangkat iOS

 

Memonitor tampilan kamera dari ‘iPhone CCTV’ ini bisa Anda lakukan dari jarak jauh menggunakan aplikasi yang sama pada perangkat iOS lain. Jika Anda menggunakan laptop, Anda bisa mengaksesnya melalui situs Manything menggunakan web browser.

Selain merekam, Manything juga dilengkapi teknologi pengenal gerakan. Manything akan memberikan notifikasi ketika ada sesuatu atau seseorang yang mencurigakan sedang ‘beraksi’ di lokasi CCTV sehingga Anda tak perlu terus memonitor kediaman Anda.

Merekam video jelas membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar. Oleh karena itu, Manything akan merekam video sekaligus mengunggahnya ke cloud untuk Anda stream dari perangkat lain. Lalu seberapa banyak video yang bisa ditampung oleh server Manything?

Di sinilah letak bisnis Manything: aplikasinya memang gratis, akan tetapi Anda harus berlangganan untuk bisa merekam hingga, misalnya, 24 jam non-stop. Biaya berlangganannya berkisar mulai $3 sampai $20 per bulan, tergantung durasi perekaman maupun jumlah perangkat yang bisa merekam dalam waktu bersamaan – Anda bisa melihat rincian tarifnya langsung di situs Manything.

Seperti yang saya bilang, Anda bisa langsung mengunduh Manything di App Store secara cuma-cuma. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu apabila memang ada perangkat iOS yang terlantar dan tidak terpakai di rumah Anda.

Sumber: Manything via iDownloadBlog.