8 November 2013

by Yoga Wisesa

Menyunting Dokumen 'Berjamaah' Dengan Office Web Apps Terbaru

Office Web Apps adalah aplikasi web yang memungkinkan Anda membuat, mengedit dan saling berbagi dokumen baik Excel, Word hingga PowerPoint menggunakan browser apapun, Microsoft telah menjanjikan kemampuan co-editing di dalamnya semenjak bulan Juni lalu, dan kini Anda sudah bisa menggunakannya via update terbaru.

Dengan menggunakan versi terkini aplikasi Office Web, pengguna bisa menyunting dokumen Microsoft Word, presentasi PowerPoint atau spreadsheet Excel secara 'berjamaah'. Untuk versi Word dan Excel sendiri, Microsoft tidak membatasi pengguna yang mengeditnya secara bersama-sama. Anda akan diberitahu bahwa ada orang lain juga yang sedang mengakses dokumen ini, indikator akan keluar di pojok kanan atas layar, contohnya: 'Rama Mamuaya editing page 14.' Untuk jenis dokumen PowerPoint sendiri, pengguna dibatasi hingga 20 orang - mengingat PowerPoint merupakan jenis dokumen yang lebih 'berat' dibandingkan yang lain.

Kemampuan ini sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja. Dan jika Anda adalah seorang penulis cerpen atau novel, Anda bisa berkolaborasi langsung dengan editor. Dan sangat berguna untuk menciptakan presentasi PowerPoint dalam kerja kelompok proyek kuliah - seandainya saja kemampuan seperti ini sudah tersedia saat saya kuliah dulu...

Jika saat itu tidak tersedia koneksi internet, Anda bisa melakukan editing dari suite desktop biasa terlebih dulu (offline). Kemudian jika internet sudah kembali tersambung, dokumen akan tersinkronisasi dengan sendirinya. Pastikan saja belum ada yang merampungkan dokumen ini lebih cepat dari Anda.

Microsoft juga tidak lupa memberikan perbaikan untuk tiap-tiap app-nya. Kini Anda bisa mencari satu kata tertentu dan mengubahnya secara langsung dan juga menambahkan footer serta header dalam dokumen Word. Seperti versi desktop suite-nya, dalam Excel pengguna dapat melakukan drag-and-drop pada cell serta mengubah urutan sheet. Yang cukup esensial dari update untuk PowerPoint adalah sekarang Anda bisa melakukan cropping foto dari app web ini. Versi Web ini juga telah disesuaikan untuk lebih banyak tipe workbook yang sangat berguna jika Anda menggunakan fitur sheet protection.

Semua ini tersedia untuk SkyDrive dan Microsoft Office 365. Untuk kemampuan co-editing-nya sendiri akan segera tersedia untuk semua pengguna. Silakan coba langsung via laman resminya.

Via Engadget.