Merakit Lego Lalu Diterbangkan Seperti Drone? Inilah Flybrix

Merakit Lego Lalu Diterbangkan Seperti Drone? Inilah Flybrix

Anda bebas menggunakan balok Lego yang disediakan atau koleksi pribadi, dan drone bisa dibentuk dalam waktu kurang dari 15 menit
Flybrix / Flybrix
Flybrix / Flybrix

Anda tidak sendirian jika beranggapan desain drone atau quadcopter yang ada di pasaran hanya begitu-begitu saja. Kalau Anda ingin yang lebih variatif, mungkin Anda harus menempuh jalur DIY alias merakit sendiri.

Meski tutorialnya mudah sekali ditemukan di internet, eksekusinya terkadang tidak semudah merakit sebuah figur sederhana dari Lego. Lho, kalau begitu kenapa tidak merakit drone menggunakan balok Lego saja? Well, itulah yang dipikirkan oleh startup bernama Flybrix.

Ditujukan untuk konsumen berusia 14 tahun ke atas, bundel paling mendasar Flybrix mengemas seluruh komponen yang dibutuhkan untuk merakit quadcopter, hexacopter atau octocopter sekalipun. Lebih istimewa lagi, semua itu bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 15 menit, mengingat prosesnya tidak jauh berbeda dari merakit Lego biasa.

Terdapat total delapan motor dan baling-baling yang bisa digunakan. Anda bebas memakai balok Lego yang disediakan atau milik Anda sendiri, dan bentuknya pun juga bisa Anda atur sesuka hati. Selanjutnya, sebuah circuit board Arduino menjadi otak dari segalanya, termasuk modul Bluetooth untuk menyambung ke smartphone.

Flybrix Deluxe Kit datang bersama sebuah controller fisik / Flybrix
Flybrix Deluxe Kit datang bersama sebuah controller fisik / Flybrix

Yup, kendalinya bisa dilakukan via aplikasi smartphone. Tapi kalau pengguna lebih sreg dengan controller fisik, Flybrix juga menawarkan bundel lain yang mencakup sebuah controller. Lalu bagaimana kalau ini merupakan drone pertama dan Anda tidak sengaja menabrakkannya hingga jatuh berguguran? Well, justru ini merupakan esensi dari Flybrix.

Semua komponen yang termasuk dalam bundel Flybrix telah dirancang dengan durabilitas tinggi. Seandainya kreasi Anda jatuh berantakan, tinggal kumpulkan kembali komponennya dan rakit lagi menjadi baru. Dengan cara seperti itu, elemen edukasi pun bisa diterapkan secara efektif pada Flybrix, mencakup ilmu-ilmu mendasar perihal engineering maupun hukum fisika.

Singkat cerita, kalau Anda suka drone dan Lego, Flybrix akan terdengar sangat menggiurkan buat Anda. Basic Kit-nya dibanderol seharga $149, sedangkan Deluxe Kit yang mencakup controller fisik seharga $189. Harga ini hanya berlaku untuk waktu yang terbatas; nantinya masing-masing akan naik menjadi $189 dan $249.

Sumber: Engadget.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…